Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini
Sosbud  

Maria Bhade dan Nyanyian Pilu Untuk TKI ILEGAL

CitraNews
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sikka, Germasus Goleng, S.Sos. “Sebagai institusi yang berkompeten menangani masalah ketenaga kerjaaan dan ketransmigrasian, tanggung jawab kami adalah melakukan sosialisasi ke tengah masyarakat. Kami meminta masyarakat agar menjalankan aturan-aturanyang ditetapkan melalui dinas atau PJTKI yang legal dan sah,”tegasnya.

Diakui Goleng, ada banyak modus dan cara hingga TKI dikatakan illegal. Prosedure rekruitmen bisa saja dari internal keluarga, dari para pendahulu yang sudah prnah bekerja di luar negeri, atau warga lokal yang telah bekerjasama dengan perusahaan luar yang tidak memiliki ijin operasional yang dikeluarkan pemerintah.

Ini adalah fakta-fakta, menurut Goleng, yang menggiring niat para tenaga kerja mencari peluang kerja di luar negeri. Sekarang tinggal bagaimana upaya bersama semua pihak untuk saling bergandengan tangan memberhanguskan para pihak yang melakukan rekruitmen TKI non procedural ini. Mudah-mudahan ke depannya tidak ada lagi  TKI –TKI yang non procedural seperti Maria Bhade (almarhumah). Sekaligus menjadi efek jera, tandasnya.  +++ amor/cnc

 

Gambar : Germanus Goleg, S.Sos, Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Sikka. (doc. armando/CNC)