Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini
Polkam  

Kantongi HAKI Tindakan CERDAS Pihak Berwenang Menggairahkan UMKM

CitraNews

Dirut Bank NTT,  ALEX Riwu Kaho terima Pagam Penghargaan Kerjasama Bank NTT dengan Kanwil Kemenkum HAM bagi Pelaku UMKM Binaan Bank NTT. Diserahkan Wakil Gubernur NTT, JOSEF Adrianus Nae Soi, di Kupang, Rabu 27 April 2022. Doc. marthen radja/citra-news.com

Mercy Djone : NTT Surga Tersembunyi perlu digali dan dikelola kekayaan alam dengan sumber-sumber potensi yang dimiliki untuk….

Citra News.Com, KUPANG – DIREKTUR Utama (Dirut) Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho mengatakan, Bank NTT berperan menjamin keberlangsungan usaha dari para pelaku UMKM (usaha mikro kecil dan menengah).

Namun peran ini tidak akan ada manfaatnya bila produk-produk usaha dari pelaku UMKM tidak difasilitasi HAKI-nya oleh pihak yang berwenang.

Baca Juga :  PERGESERAN APBD Produk Kemasan White Colour Crime? (Jilid 2)

Demikian Alex pada giat talkshow yang digelar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi NTT, Rabu 27 April 2022.

Dikatakannya, Bank NTT sebagai lembaga perbankan memiliki kiat-kiat bisnis yang menggairahkan UMKM. Ini dalam kerangka meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Bahwa misi pembangunan NTT Bangkit Menuju Sejahtera, yang digadang Gubernur dan Wakil Gubernur NTT (Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef A. Nae Soi, red) perlu benar-benar dinyatakan dalam tindakan cerdas, katanya.

Dalam giat Talkshow yang bertajuk, “Strategi Menggali Potensi Kekayaan Intelektual di Provinsi NTT”, Alex menjelaskan, keberpihakan dan komitmen Bank NTT dalam pendampingannya untuk pelaku UMKM, ini dalam kerangka percepatan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  Gubernur VIKTOR Berpesan Sekda BEN Jangan Berhenti MELAYANI

“Upaya pendampingan Bank NTT ini dilandasi pada hasil riset dan kajian.
Bahwa dari riset dan kajian itu kita menjumpai ada ketidakharmonisnya antara Kecerdasan Berpikir, Kecerdasan Bertindak dan Kecerdasan Campaign (kampanye) atau penyebarluasan informasi dan literasi produk,” kata Alex.

Oleh karena itu, sambung dia, strategi dalam menggali kekayaan intelektual itu harus diimbangi dengan berpikir secara cerdas, bertindak cerdas, dan kampanye cerdas, timpalnya.

Strategi berikutnya adalah me-mapping (memetakan) seluruh kekayaan intelektual agar dibawa dalam strategi kampanye yang memadai.

Sehingga ketika suatu saat nanti produk ini masuk ke pasar domestik maupun internasional, maka kekayaan intelektual inilah yang akan menjadi harga dan branding bahwa UMKM dari NTT mampu menguasai pasar.

Baca Juga :  Ini Dia Himbauan Untuk Seluruh KARYAWAN Bank NTT di PILGUB 2024

“Apalagi didukung dengan kampanye-kampanye cerdas. Fakta sudah membuktikan walau badai COVID19 merontokkan berbagai bisnis besar, namun UMKM mampu membuktikan dirinya sebagai fundamental dalam perekonomian nusantara. Dan mereka tidak bergeser sedikitpun.

“Ini adalah bukti dukungan dari Bank NTT untuk melakukan kolaborasi serta partisipasi aktif dan membangun sinergitas dengan semua pihak,” tegasnya.

Menurut Alex, kekayaan intelektual NTT harus dikerjakan dalam keselarasan berpikir cerdas, bertindak cerdas dan kampanye secara cerdas.

“Ini yang terus kita semua para pihak yang berkompeten pwrku galang bersama,” pinta Alex.