Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Tahun 2023 Bupati KORNELIS Targetkan KIRIM 3000 Ton Jagung TJPS

CitraNews

Pengiriman perdana jagung hibrida varietas R7 Program Integrasi Pertanian Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) Pola Kemitraan Mandiri sebanyak 1.000 ton secara curah pada Kapal Motor Kalimas I di Pelabuhan Waikelo Kabupaten Sumba Barat Daya Provinsi NTT, Sabtu 21 Mei 2022. Doc. citra-news.com/Sekretariat TJPS NTT

Pengantarpulauan 1000 ton jagung ke luar NTT memberi bukti bahwa pelaksanaan program TJPS menuai sukses. Berikut penjelasan Bupati Sumba Barat Daya, Kornelis Kodi Mete….

Citra News.Com, TAMBOLAKA – BUPATI Sumba Barat Daya (SBD), Kornelis Kodi Mete mengatakan, di wilayah Kabupaten Sumba Barat Daya adalah areal yang sangat potensial untuk pengembangan jagung program TJPS (Tanam Jagung Panen Sapi).

Baca Juga :  SMKN 5 Kupang Sabet JUARA SATU Pertandingan Volly PUTRA

Pengiriman 1000 ton jagung ke luar NTT adalah faktanya. Kalau tahap awal sudah diantrpulaukan 1000 ton maka tahapan selanjutnya bisa mencapai 2000 sampai 3000 ton. Bahkan puluhan ribu ton.

Demikian Bupati Kornelis saat Launcing jagung program TJPS Mandiri di Pelabuhan Waikelo Kabupaten SBD, Provinsi NTT, Sabtu 21 Mei 2022.

“Kami patut berterima kasih kepada Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan jajarannya yang terus mendukung pengembangan jagung di Kabupaten SBD melalui TJPS Pola Kemitraan,” ungkap Bupati Kornelis.

Baca Juga :  Setelah TIMOR Barat Kini Gubernur VIKTOR Bergerak ke LEMBATA, Ini Misinya

Dia menegaskan, pengiriman 1000 ton jagung TJPS, ini untuk tahap pertama. Kita akan panen terus dan kirim lebih banyak lagi.

Diketahui pada hari itu dilakukan prosesi pengiriman perdana jagung hibrida varietas R7 sebanyak 1000 ton.

Bahwa program ini merupakan program Integrasi Pertanian Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) Pola Kemitraan secara curah pada Kapal Motor Kalimas I.

Dan pengantarpulauan perdana 1000 ton jagung varietas R7 ini dibeli oleh Offtaker TJPS Pola Kemitraan PT. Agro Investama untuk dikirim ke PT SREEYE Sewu Indonesia, Sidoarjo-Jawa Timur.

Baca Juga :  KKPD Bank NTT Permudah TRANSAKSI Semua Keuangan PEMDA

Bupati Kornelis berani pasang target mengantarpulaukan hingga 3000 ton jagung pada tahun 2023 dilatari oleh potensi areal untuk pengembangan jagung program TJPS yang ada di Kabupaten SBD.

Menurut dia, wilayah SBD mempunyai potensi areal jagung yang dapat ditanam pada musim hujan maupun pada musim kering. Jika pada musim kering juga bisa tanam jagung yaitu memanfaatkan sumber-sumber air yang ada melalui bantuan pompa.

“Kita akan terus mendorong penanaman jagung pada semua areal potensial yang ada. Meskipun hama belalang sekarang lagi mengembara menyerang tanaman jagung,” tuturnya.