Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini
Polkam  

FNASDEM Menilai Gubernur VIKTOR Berhasil Melobi PEMPUS Untuk Kelola Bersama TNK

CitraNews

ALEXANDER Take Ofong, Ketua Fraksi Nasdem DPRD Provinsi NTT. Doc.citra-news.com/istimewa

Citra News.Com, KUPANG – KETUA Fraksi Nasdem DPRD Provinsi NTT, ALEX Ofong mengatakan, perlu ada pencerahan terhadap dinamika yang berkembang saat ini terkait pengelolaan Taman Nasional Komodo (TNK).

“Pelibatan Pemerintah Pusat (Pempus), Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat untuk mengelola Taman Nasional Komodo tentu tidak datang begitu saja. Pelibatan tersebut membutuhkan perjuangan yang panjang dan alot oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), “tegas Alex.

Menurut dia, keterlibatan secara langsung dalam pengelolaan Taman Nasional Komodo (TNK) itu ditandai dengan ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Provinsi NTT, PT Flobamor dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Badan Taman Nasional tentang Penguatan Fungsi Kelembagaan, Perlindungan Kawasan dan Pengembangan Wisata Alam di Taman Nasional Komodo.

Selama ini TNK dan sekitarnya dikelola oleh KLHK. Dan Pemerintah Provinsi NTT tidak mendapat manfaat dari Keberadaan Komodo yang kini telah menjadi satu dari 7 keajaiban dunia.

Pasca itu Pemerintah Provinsi NTT melalui PT Flobamora melakukan konsolidasi untuk mengelola TNK dan sekitarnya.