Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini
Polkam  

Petani JANGAN Panik Hadapi MUSIM Tanam, B PUNG PETANI Bank NTT Beri SOLUSI

CitraNews

“Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat juga telah menginstruksikan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta Dinas terkait lainnya agar fokus pada pengembangan empat komoditas utama dalam menghadapi krisis pangan dunia. Yakni jagung melalui program TJPS Kemitraan, Sorgum, Kelor dan Ayam KUB.

“Untuk pengembangan Sorgum, kita akan tanam tahun ini sebanyak 3.500 HA dan tahun depan 2023 targetnya 34 ribu HA. Benih Sorgum sudah ada sekitar 11 ton yang berasal dari kabupaten Flores Timur dan kita sudah salurkan ke kabupaten-kabupaten yang dapat alokasi,”urai Lucky.

Terkait tanaman Kelor, sambung dia, kita lakukan kerjasama dengan TNI. Kita sedang siapkan 1 juta anakan yang kemudian akan difasiltasi oleh TNI untuk didistribusikan ke masyarakat agar mereka berproduksi dan hasilnya akan dibeli oleh offtaker yang memang sudah dipersiapkan.

“Pola pengembangan empat komoditas ini akan menggunakan pola Kemitraan yang sudah dilaksanakan dalam program TJPS sehingga masyarakat tak perlu ragu untuk jaminan pasarnya,” pungkasnya.

Terkait pola kemitraan dengan Bank NTT, usai temu pers, Lucky kepada awak citra-news.com menjelaskan, Bank NTT memiliki aplikasi ‘B Pung Petani’ akan menjawab semua kebutuhan petani.

“Iya, di lahan petani program TJPS mulai dari pengadaan benih/bibit, pupuk, Alsintan (peralatan dan mesin pertanian disiapkan. Jadi swmua pembiayaan hingga pasaran hasil melalui dan KUR dari perbankan,” kata Lucky.

Sehingga saat menghadapi musim penghujan tahun ini diperkirakan lebih cepat, dia berharap agar petani tidak usah panik. Asal saja lahan sudah disiapkan lebih dini.

Melalui teknik pengelolaan lahan yang baik akan meningkatkan produksi., jagung terutama. Baik kualitas maupun kuantitas produksi Sehingga tidak heran kalau permintaan pasar akan kebutuhan jagung semakin tinggi.  +++ marthen/citra-news.com