Bangun Bendungan Perluas Areal Sawah Baru

CNC Kupang – KEPALA Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ir. Yohanis Tay Ruba, MM, mengatakan, Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai salah satu provinsi penyumbang Swasembada Pangan Nasional. Dengan terbangunnya bendungan di Provinsi NTT menjadi indicator sekaligus menjadi daya ungkit bagi para petani NTT untuk mencetak sawah baru.

Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang contohnya. terdapat 831 Hektar lahan yang siap cetak sawah baru. Karena telah terbangun 12 blok saluran tersier oleh Dinas Pekerjaan Umum NTT. Dan angka luasan lahan sawah ini akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya debet air di setiap musim hujan.

Demikian halnya dengan beberapa bandungan lainnya yang sudah, sedang, dan akan dibangun di NTT. Oleh karenanya Dinas Pertanian Provinsi NTT telah melakukan kerjasama dengan Politeknik Undana untuk melakukan SID (survey identification  design). Bila kesemua waduk (bandungan) telah terbangun termasuk saluran tersier dan primer serta ada kepastian dibukanya lahan pertanian (sawah) maka dinas pertanian akan membantu peralatan berupa sarana produksi (Saprodi), benih, dan pupuk.

“Di sektor pertanian saat ini sedang digalakkan pengawasan terpadu. Semua jenis bantuan pemerintah baik berupa benih, pupuk, dan pestisida, serta Saprodi lainnya mendapat pengawasan yang berjenjang. Untuk pengawasan terpadu ini   langsung dibawah kendali Sekda NTT dengan keaggotaaannya antara lain anggota TNI dan kepolisian. Karena itu adalah mustahil bila terjadi kekurangan pupuk dan pestisida dalam jumlah besar,”tegasnya. +++ marthen/citra news.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *