Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Gerbong PENILAIAN Mulai Bergerak Tim JURI Merapat ke DESA BINAAN Bank NTT

CitraNews

Desa ini dinobatkan sebagai desa wisata oleh Kementerian Parekraf RI, pada tahun 2021 lalu. Legitimasi ini tak lain karena Ululoga kaya akan potensi wisata, mereka memiliki kampung adat Pajorejo. Di kampung ini, warga menyiapkan rumah tinggal mereka untuk homestay, dengan layanan pembayaran non tunai yakni menggunakan QRIS (Quickly Responsive Indonesia Service).

 

Dirut Bank NTT, HARRY Alexander Riwu Kaho (kiri) saat berada di Kampung Adat  Ululoga Nagekeo,  Selasa, 12 April 2022. Doc. marthen radja/citra-news.com

Ada aneka makanan khas yang disajikan, serta desa ini memiliki banyak potensi pertanian. Sebut saja berhektar-hektar pala, kopi, vanili serta aneka tanaman pertanian lainnya.

Menariknya, di desa Wisata Pujorejo memiliki sumur tua sebagai tempat wudhu. Sumur tua ini tidak pernah kering airnya walau diterpa kemarau panjang sekalipun.

Di desa ini pun, anak-anak muda dilatih menjadi pemandu wisata yang setia mengantar para wisatawan untuk tracking ke Gunung Ebulobo yang kawahnya aktif.

Pither Leko, Kepala Desa setempat didampingi Sekdes, Krispianus Moo, menjelaskan, di desa ini mereka memiliki tiga potensi yang sudah dikembangkan. Yakni sirup Pala, Kerupuk Talas dan Pot Rotan.

“Kehadiran Bank NTT cukup berdampak manakala masyarakat didampingi sejak produksi, desain kemasan hingga pemasaran,” kata Pither.

Sementara di Desa Anakoli Kecamatan Wolowae, mereka justru unggul di sektor pertanian holtikultura dan pariwisata. Yakni pesona pantai Kotajogo yang memikat hati. Berhektar-hektar lahan tidur kini dipenuhi aneka tanaman seperti cabe, terung, serta sayuran.
Pemasarannya dibantu oleh Bumdes setempat.

Kepala desa setempat, Joseph Laka Rani kepada juri dengan bangganya menjelaskan geliat Bumdes setempat yang terus berkreasi menghadirkan jenis usaha baru dengan kontribusi yang lumayan untuk PAD.

Di Kotajogo juga memberlakukan karcis masuk ke lokasi wisata pantai. Dalam Musyawarah desa (Mudes) warga desa berencana akan membangun pertanian berbasis pariwisata.