Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

PERMUDAH Transaksi PETANI Gubernur dan Bank NTT Teken MoU Dengan PT Tolasi

CitraNews

Tak hanya itu, PT Talasi pun memproduksi minyak serai dan masih banyak lagi produk lainnya.

Rombongan gubernur dan para bupati, diajak berkeliling ke lokasi-lokasi sentra produksi untuk melihat dari dekat pengolahan minyak sereh dan lainnya. Juga ada penanaman secara simbolis aneka tanaman produksi.

Sementara Gubernur Viktor saat itu menyentil tata cara bertani di kebanyakan masyarakat.

“Masih banyak yang bertani dengan menggunakan cara-cara tradisional dan menerapkan pola bertani ala manusia purba,” kritik dia.

Tak hanya itu, Gubernur Viktor juga menyebut, ada cara berikut yakni dengan menggunakan teknologi, mekanisasi alat-alat pertanian, maka itu berarti sudah naik kelas. Dan sudah ada kemajuan ketika ada hasil pertanian yang dibeli, lalu dijual kembali ke pihak-pihak yang membutuhkan hasil pertanian tersebut.

“Nah ini yang kita kenal dengan bursa komoditi. Bursa komoditi ini untuk memantau perdagangan dari seluruh komoditi dari pertanian. Itu level kedua. Naik lagi, prosesing terhadap hasil pertanian. Jadi tanpa sadar kita hari ini kita sedang naik ke level tiga, yakni prosesing industri.,” beber Gubernur.

Dikatakannya, kita memerlukan proses tersebut walau masih berskala kecil, karena untuk memulai sesuatu yang besar harus dari yang kecil. Dan butuh fondasi yang kuat.

Diakui kehadirannya bersama Forkopimda semata-mata untuk saling terikat secara moral agar nantinya kedepan pihak-pihak yang bekerjasama lebih bertanggungjawab lagi.

“Memang secara hukum ada dokumen yang ditandatangani. Namun secara moral, ada kepastian bahwa ada seorang relasi yang memiliki visi serta networking yang baik. Ia mau datang dan menjalin kerjasama secara serius di NTT, untuk mendesain apa yang kita makan dan minum serta pakai, berasal dari NTT,” tuturnya.  +++ citra-news.com/mediatorkupang.com