Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Membangun BENDUNGAN Formula Tepat Untuk Kondisi NTT

CitraNews

Manfaat ganda (Multiplier effect ) dari bendungan, menurut Andre, adalah untuk kepentingan semua sector. Terutama untuk penyediaan air baku atau air minum bagi masyarakat. Selain kebutuhan air untuk sector pertanian, peternakan, perikanan, dan kepariwisataan. Karena sudah tentu tiada air tanpa kehidupan dan tiada kehidupan tanpa air, ungkapnya.

Terkait irigasi untuk persawahan, pada kesempatan terpisah Azis kepada citra-news.com mengatakan, Lombok NTB pada umumnya terdapat dataran persawahan yang luasnya sejauh mata memandang. Ini berkat adanya bendungan yang mensuplay air irigasi ke area persawahan yang ada.

“Kota Mataram ini sesungguhnya adalah Kota Diatas Air. Karena hampir setiap sudut kota tidak kita temukan lahan kosong. Yang ada hanyalah lahan sawah dan tanaman holtikultura lainnya.

Baca Juga :  Kadis Benyamin SIDAK Gedung ‘Mangkrak’ Bikin HUNCE, Cs Ketar-ketir?
Baca Juga :  Dermaga ASDP di PAGA Segera DIBANGUN Tapi Dengan SYARAT

Dan Lombok menjadi lumbung padi karena dibangun puluhan bendungan besar dan kecil sehingga produksi padi berlimpahrua. Selain untuk kebutuhan dalam daerah juga diantarpulaukan. Dan salah satunya diantarpulaukan ke Provinsi NTT melalui pelabuhan Lembor,”kata Azis.

Kepada citra-news.com dalam liputan khusus joy flight pesawat Wings Air ke Lombok NTT, Azis yang berprofesi sebagai sopir bus pariwisata di Kota Mataram itu menjekaskan, sebagai sopir dirinya sering melayani wisatawan berkeliling masuk keluar kampung dan desa hingga ke daerah Pelabuhan Lembor. Mulai dari Kota Mataram di kiri kanan jalan ada sawah. Di lereng-lereng bukit saja masyarakat mencetak sawah apalagi di dataran, tandasnya.