Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

RENDAH Mutu Pendidikan Akibat BANYAK Kementerian

CitraNews

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, rendahnya mutu pendidikan di Indonesia  disebabkan oleh banyaknya kementerian dan lembaga yang mengelola. Karena itu Sri Mulyani berpendapat bahwa tanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan harus dilakukan secara kolektif. Kemudian, tambah dia, kita masih memiliki banyak kementerian yang memiliki anggaran pendidikan, yang sifatnya vokasional atau teknikal.

Baca Juga :  Kolaboratif Menuju PETANI MILENIAL Kementan RI Ajak Pemprov NTT

“Di tingkat pusat saja paling tidak ada tiga kementerian, yaitu Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan kemudian Kementerian Agama. Itu semua punya anggaran yang berhubungan dengan pendidikan,”ucap Sri Mulyani.

Lebih lanjut, Sri Mulyani mengungkapkan bahwa mayoritas pengelolaan anggaran pendidikan itu berlangsung di daerah. Padahal untuk di tingkat daerah sendiri penggunaan anggaran pendidikan paling besar untuk membayar gaji dan tunjangan guru dengan kualitas yang masih harus diperbaiki. Setidaknya ada sejumlah hal yang harus dilakukan guna meningkatkan kualitas pendidikan di dalam negeri.