Program ‘Siswa Mengenal Nusantara’ Sodorkan Budaya Patriotisme

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang digagas Presiden Joko Widodo bertujuan untuk mendorong para siswa/pelajar untuk mencintai keberagaman budaya yang dimiliki  bangsa Indonesia. Sekaligus membangkitkan kesadaran bela negara dan cinta tanah air.

Kupang, citra-news.com – PIMPINAN PT Pegadaian VII Denpasar Nuril Islamiah mengatakan, program Siswa Mengenal Nusantara merupakan satu bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri. Program yang digagas Presido Widodo sejak tahun 2015 ini bertujuan untuk mendorong keterlibatan BUMN hingga ke pelosok negeri.

“Dalam melaksanakan program ini, BUMN melibatkan para siswa untuk mempromosikan NTT dan daerah-daerah yang nantinya dikunjungi siswa. Tentunya sebelum diberangkatkan para siswa dibekali informasi tentang BUMN, tentang bela negara, dan kebudayaan NTT,”kata Nuril.

Seperti yang dilansir Aven Reme dari Biro Humas Setda Provinsi NTT, Senin 6 Agustus 2018, sebelum diberangkatkan ke Menado ke-25 siswa NTT berpamitan dengan Penjabat Gubernur NTT, Drs. Robert Simbolon, MPA di Gedung Sasando.

Robert dalam sambutannya berpesan agar para siswa menjadikan kesempatan ini untuk terus belajar membuka wawasan agar mengenal keberagaman yang ada di negeri ini. Karena  itu tidak perlu kaget kalau melihat cara hidup, bahasa, dan budaya orang Menado yang berbeda jauh dengan orang NTT. Itulah keanekaragaman kita sebagai bangsa.

Robert juga mengingatkan agar para siswa-siwsi terus menanamkan disiplin diri. Menerapkan plola hidup teratur selama melaksanakan program tersebut. Tak ada keberhasilan tanpa displin diri. Jangan terlalu berknsentrasi dan keasyikan bermain HP. Bangun komunikasi dengan orangtua asuh. Jadikan mereka seperti orangtua kandungmu.

“Mohon catat semua pengalaman dan kenangan selama berada di Menado. Nanti waktu pulang kumpulkan dan bacakan saat bertemu lagi dengan saya,”kata Robert sembari meminta pimpinan Pegadaian agar setelah kembali dari Menado para siswa dapat dapat menemuinya lagi.

Ke-25 siswa yang melaksanakan program SMN di Menado Sulawesi Utara selama 10 hari dari tanggal 6-15 Agustus 2018. Dari jumlah yang ada terdiri dari siswa pilihan dari semua SMA/SMK di kabupaten/kota se-Provinsi NTT, sebanyak 22 orang. Sementara 3 orang lainnya adalah siswa Berkebutuhan Khusus dari SLB Pembina Kota Kupang. +++cnc/avenhumasntt

Gambar : Penjabat Gubernur NTT, Drs. Robert Simbolon, MPA mengenakan baju motif daerah NTT kepada dua perwakilan siswa NTT yang diberangkatkan ke Menado-Sulawesi Utara. Doc.CNC/humasntt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *