GEBYAR Bulan Keluarga TUMBUHKAN Semangat SOLIDARITAS

Wakil DPRD TTS, RELYGIUS Usfunan, SH ketika menerima Panitia Lomba. Doc. CNC/jor tefa-Citra-News

Citra-News.Com, SOE – PERINGATAN Bulan Keluarga dan Gereja Reformasi di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS),  khususnya Jemaat Desa Oenino menggelar aneka lomba. Pertandingan olahraga bola volly, lomba kesenian, dan kegiatan kerohanian.

“Dalam memperingati bulan keluarga dan Gereja Reformasi jemaat desa Oenino bahu membahu mengumpulkan sesendua dana guna membiayai beberapa kegiatan lomba. Sesungguhnya kegiatan lomba ini dimaksudkan untuk menumbuhkan iman serta semangat solidaritas dan persaudaraan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,”ungkap Pdt. DANNA S. Blegur, S.Th.

Pdt. DANNA S. Blegur, S.Th (gambar kiri) dan Ketua panitia, SHERLY Tasoin, S.Th (gambar kanan). Doc. CNC/jor tefa-Citra-News

Dalam pertemuan bersama tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, telah disepakati tiga mata lomba yang digelar. Waktu pelaksanaannya selama 9 (sembian) hari dari tanggal 21-29 Oktober 2019. Tempat pelaksanaan di halaman Gereja Sion Tekiu Desa Oenino Kecamatan Oenino Kabupaten TTS.

Untuk kegiatan kerohanian disepakati untuk diakannya KPI (Kebaktian Penyegaran Iman), kata Danna. Selain itu lomba cerdas cermat untuk meningkatkan pemahaman Alkitab bagi anak-anak dan remaja atau Pelayanan Anak dan Remaja (PAR). Kegiatan kesenian meliputi lomba seni suara, paduan suara, tarian Maekat, Natoni, dan Tari Bonet. Serta olahrag volley putra-putri.

“Kesenian daerah dan budaya harus terus dikembangkan dan dilestarikan. Jangan karena perkembangan jaman lalu budaya daerah dilupakan. Karena itu dalam kegiatan apapun harus selalu ditampilkan kesenian daerah khas TTS. Ini sebagai bentuk edukatif bagi generasi muda kita tetap mencintai budayanya sendiri,”jelas Danna.

Mengenai sumber dana, SERLY Tasoin, S.Th, mengatakan dari hasil swadaya murni jemaat Oenino. Diakuinya, ada seksi penggalangan dana namun dijalankan hanya seputar warga jemaat di Kecamatan Oenino.

“Dana yang sedang terkumpul baru sebesar Rp 5 juta. Sementara total kebutuhan sekitar Rp 10 juta. Belum termasuk belanja hadiah bagi peserta nominasi lomba. Untuk itu maka sumbangan dari pemerintah menjadi harapan kami guna mensukseskan acara kita bersama ini,”ungkap Serly.

Usfunan : Kita Adalah Gereja

Kepala Desa Oenino menyatakan siap mendukung kegiatan akbar itu. Pihaknya akan menurukan petugas LINMAS untuk menjaga keamanan dan kenyaman sepanjang kegiatan lomba berlangsung. Sehingga kegiatan lomba ini bisa berjalan aman dan damai.

Pada kesempatan terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS, Drs. Johanis Telnoni menyatakan pihaknya memberikan dukung moril dan financial.

Tokoh masyarakat dan para kelompok muda Desa Oelnino-TTS. Doc. CNC/jor tefa-Citra-News

“Bentuk dukungan (support) yang kami berikan yaitu kami akan mengisi nilai dalam proposal yang disodorkan panitia,”ungkapnya dengan tidak menyebut besarannya.

Tidak berbeda dengan Wakil Ketua DPRD TTS, RELYGIUS Usfunan, SH. Saya (Usfunan, red)dan teman-teman anggota DPR dari Dapil III pasti siap membantu dana untuk mensukseskan kegiatan dimaksud.

Bagi kami membangun masyarakat tidak saja dari sisi jasmaniah saja. Membangun rakyat harus sejalan antara rohani dan jasmani. Karena itu alangkah bijaksananya bila pemerintah membangun bangsa ini bukan saja fisik. Tapi juga membangun iman umat melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat rohani.

“Sebagai bentuk dukungan kami dari DPRD TTS juga menjadi kewajiban moril kami untuk menyumbangkan sejumlah dana untuk kegiatan gereja di Kecamatan Oeninio. Diharapkan teman-teman anggota DPRD TTS turut berbagi berkat. Karena kita adalah gereja dan gereja adalah kita,”ungkap Usfunan. +++ jofan/citra-news.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *