Sudah EMPAT Warga Indonesia POSITIIF Corona

Perawat dengan mengenakan pakaian APD (Alat Pelindung Diri) berupa baju Hazmat (Hazardous Material) melayani pasien kedua suspect (terduga penderita) COVID-19 (Corona Virus Desease) di kamar isolasi khusus RSUD dr Iskak, Tulungagung, Jawa Timur, Rabu 04 Maret 2020. Doc.CNC/ Antara Foto.

Setelah Senin 02 Maret 2020 Presiden JOKOWI mengumumkan dua pasien positif Corona. Hingga Jumat 06 Maret 2020 korban bertambah 2 orang lagi.

Citra-News,Com, JAKARTA –JURU BICARA resmi pemerintah untuk penanganan Corona Achmad Yuriantopada Jumat 06 Maret 2020 telah mengumumkan Positif Corona atau COVID-19 di Indonesia bertambah dua.

“Kita dapatkan dua orang confirm sebagai kasus 3 dan 4,” kata Yuri di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 06 Maret 2020). Dengan demikian, sudah ada empat orang yang positif Corona. Yuri mengatakan, “Kasus 1” dan “kasus 2” diumumkan Presiden Joko Widodo pada Senin 02 Maret 2020 lalu. Kasus 3 dan 4 masih terkait dengan kasus 1.

Kasus 1 terinfeksi Corona saat berada dalam sebuah acara yang dihadiri 80-an orang, termasuk orang asing. 80 orang ini termasuk pegawai tempat acara berlangsung. 80 orang itu kemudian diidentifikasi satu per satu oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Kepolisian, juga BIN. Kemudian terdeteksi ada 20 orang yang berhubungan langsung dengan kasus 1.

“Dari 20 ini dilakukan pendalaman lagi, sedekat apa tempatnya. Ternyata dari 20 ini oleh Dinas Kesehatan DKI bisa dikerucutkan lagi menjadi 7,” kata Yuri.

7 (tujuh) orang tersebut kemudian dibawa ke RSPI Soelianti Saroso. Saat masuk, mereka semua mengalami gejala influenza tingkat sedang. Mereka diisolasi terpisah. “Dari 7 orang ini kita mendapatkan 2 orang confirm positif, yang kita sebut kasus ketiga dan kasus nomor 4. Keduanya berusia antara 33-34 tahun. Yang pasti dua orang ini tidak serumah,” katanya menegaskan.

Kondisi terakhir, suhu kedua pasien baru berada di atas 37,6 derajat celcius. Mereka juga masih mengeluh batuk, pilek, tapi tidak sesak napas.

“Kita berharap kondisi ini segera bisa kita intervensi agar dalam waktu dekat bisa menjadi baik,” kata Yuri.

Sebelumnya Ada Dua Orang Positif Corona di Indonesia

Presiden RI Joko Widodo pada Senin 02 Maret 2020 secara resmi mengumumkan adanya dua orang di Indonesia yang positif terjangkit virus corona atau COVID-19. Kedua orang tersebut merupakan ibu dan anaknya yang sempat berkontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia. Jokowi tak jelaskan detil identitas dua orang di Indonesia yang positif terjangkit virus corona.

“Orang Jepang ke Indonesia bertamu ke siapa, bertemu siapa ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun,” ujar Jokowi di Jakarta, Senin 02 Maret 2020.

Setelah dicek oleh tim Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kedua orang ini dipastikan positif terjangkit virus corona.

“Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona,” tutur Jokowi. Namun Jokowi tak menjelaskan detil identitas kedua orang ini, termasuk alamat keduanya. Ia hanya memastikan, kedua orang ini sudah berada di rumah sakit dan sudah dalam penanganan.

“Nanti biar dijelaskan lebih detil oleh Menkes,” ucap Jokowi. +++ tim CNC/tirto.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *