DEPUTI Gubernur BI Beli SAYURAN Pakai QRIS Bank NTT

Tampak Deputi Gubernur Bank Indonesia, Ny. Aida S. Budiman Belanja Sayuran di Pasar Batu Cermin Labuan Bajo membayar Pakai QRIS Bank NT, Rabu 11 Mei 2022. Doc. citra-news.com/humas bankntt

Para pelaku UMKM memajang aneka hasil usaha pertanian di pasar tradisional Batu Cermin. Begini kesan Ny. Aida…

Citra News.Com, LABUAN BAJO – DEPUTI Gubernur Bank Indonesia, Ny. Aida S. Budiman didampingi Direktur Utama (Dirut) Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho mengunjungi booth UMKM pasar tradisional Batu Cermin Labuan Bajo, Flores NTT.

Tak pelak bila di area pasar tradisional ini telah disesaki oleh para pelaku UMKM. Menariknya hampir semua lapak terpajang merchant QR (Quickly Responsif) atau QRIS (Quickly Responsif Indonesia Service), salah satu produk layanan non tunai dari Bank NTT.

Pantauan Humas Bank NTT, Rabu 11 Mei 2022 tampaknya Labuan Bajo kian hari terus menggeliat pengunjung. Tidak saja ke obyek TNK (Taman Nasional Komodo tapi juga di lokasi pasar.

Disana di layar didplay dipajang aneka motif tenunan yang menggunakan pewarna alami dan modern. Juga aneka busana kekinian yang dimodifikasi kain tenunan khas NTT.

Tidak hanya itu, ikut didisplay beraneka macam kopi maupun minuman herbal lainnya.

Saat berkeliling, Ny. Aida memborong kain tenunan serta topi dan peci serta aneka produk lainnya. Semuanya dibayar dengan menggunakan QR code atau kode QRIS, yakni layanan pembayaran non tunai yang dihadirkan oleh Bank Indonesia.

Pembayarannya pun mudah, yakni tinggal scan barcode pada produk, maka akan terkonfirmasi harga dan langsung bisa dibayar.

Yang mencengangkan lagi dalam kunjungan hari kedua Ny Aida dan rombongan dari Bank Indonesia pusat, melakukan peninjauan lokasi pasar digital Bank NTT. Lokasi pasar tradisional Batu Cermin persis berada di kawasan Kota Labuan Bajo, ibukota Kabupaten Manggarai Barat.

Sambil belanja sayuran di Pasar Digital Bank NTT, Deputi Gubernur BI Sosialisasikan QRIS. Doc.citra-news com/humas bankntt

Diketahui, semula pasar ini menggunakan pola pembayaran tunai. Namun secara perlahan Bank NTT melakukan edukasi kepada para pedagang pasar untuk menggunakan QRIS. Upaya ini sudah berlangsung, dan di daratan Timor sudah banyak pasar yang pedagangnya menjadi merchant QRIS.

Setibanya di dalam Pasar Batu Cermin, rombongan Bank Indonesia langsung menyerbu beraneka dagangan seperti sayuran, cabe, buah-buahan hingga kopi. Ny. Aida terkesima dengan penjelasan beberapa ibu pedagang mengenai produk yang dijual, penghasilan serta tabungan mereka.

“Dengan menggunakan QRIS, bapak ibu sudah aman karena uangnya tersimpan di tabungan. Tidak perlu repot-repot menyiapkan kembalian dan aman dari virus,”jelas Ny. Aida saat mendatangi sebuah lapak sayuran.  +++ citra-news.com/humas bankntt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.