Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

AYODHIA Lanjutkan VISI NTT Bangkit Menuju Sejahtera

Reporter: Marthen RadjaEditor: Dedy
CitraNews

Sertijab Ayodhia, Cs

Acara Pelantikan Pj Gebernur diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 73/P Tahun 2023 tentang Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Masa Jabatan Tahun 2018-2023.

Dan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 74/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur. Dalam Keputusan Presiden RI Nomor 74/P Tahun 2023 tersebut dijelaskan bahwa Pj. Gubernur akan menjabat paling lama satu tahun, terhitung sejak tanggal pelantikan pada 5 September 2023 hari ini.

Setelah Pembacaan Keputusan Presiden Republik Indonesia dilanjutkan dengan Pengucapan Sumpah Janji Jabatan yang dipandu langsung oleh Mendagri Tito Karnavian dan diikuti serentak oleh masing-masing Pj Gubernur yang didampingi langsung oleh para rohaniawan.

Baca Juga :  NAIK 3,33 Triliun Alokasi DIPA KL dan BA-TKD Untuk Provinsi NTT

Mendagri Tito berucap, “Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya, sebagai Penjabat Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya;-

Memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan setulus-tulusnya serta berbakti kepada masyarakat, negara dan bangsa”.

Kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara dan Pakta Integritas secara berturut-turut oleh Penjabat Gubernur Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Baca Juga :  Astaga, DITOLAK Lagi GUGATAN Pendukung MOELDOKO

Setelah itu pemasangan tanda pangkat, penyematan tanda jabatan dan penyerahan keputusan Presiden Republik Indonesia oleh Mendagri kepada masing-masing Pj. Gubernur.

Atas nama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Mendagri Tito melantik 10 pejabat Eselon I untuk 10 provinsi yang masa jabatan gubernur (dan wakil) berakhir pada bulan September 2023.

Pengambilan Sumpah Jabatan tersebut berlangsung di Sasana Bhakti Praja, Gedung C, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta pada Selasa 05 September 2023) pagi.

Ayodhia bersama 9 orang lainnya pun resmi dilantik jadi Penjabat Gubernur oleh Mendagri Tito Karnavian.

Baca Juga :  Soal NATUNA Tidak Ada Tawar Menawar KEDAULATAN Indonesia

Turut hadir di acara ini diantaranya, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly dan Menpan – RB, Abdullah Azwar Anas.

Penjabat Gubernur lainnya yang dilantik Mendagri tersebut yaitu (1) Mayjen. TNI. (Purn), Hasanuddin sebagai Pj. Gubernur Prov. Sumatera Utara; (2) Bey Machmudin sebagai Pj. Gubernur Prov. Jawa Barat;-

(3) Komjen. Pol. (Purn), Nana Sudjana sebagai Pj. Gubernur Prov. Jawa Tengah; (4) Irjen. Pol. (Purn), Sang Made Made Mahendra Jaya sebagai Pj. Gubernur Prov. Bali;-