‘GERAK’ Bergerak MEMBELA Kaum TERPINGGIRKAN

Gema Remaja dan Pemuda Kreatif (GERAK) selangkah lebih maju dalam urusan kemanusiaan. Bertepatan dengan HUT Sumpah Pemuda ke-90 tanggal 28 Oktober 2018, GERAK bergerak melalui seabrek kegiatan. Mereka berkreasi menggalang dana untuk orang-orang yang selama ini dipandang paling membutuhkan namun sengaja DILUPAKAN.

Kupang, citra-news.com – KOORDINATOR Gema Remaja dan Pemuda Kreatif (GERAK), RYAN GONGO mengatakan, jika para pemuda pada jaman penjajahan berjuang untuk merebut kemerdekaan maka wajib hukumnya bagi generasi muda jaman ini (jaman now) untuk mampu mempertahankan kemerdekaan itu. Meskipun dalam pemaknaannya diwujudkan melalui aneka cara dan bentuk.

Menurut Ryan, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-90 Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2018, GERAK NTT menyelenggarakan berbagai kegiatan. Diawali dengan kegiatan pertandingan Futsal antar club pelajar SMA/SMK se-Kota Kupang, GERAK terus bergerak menuju puncak kegiatan entertain. Diantaranya, fashion street dari Timor Creative People (TCP) Model bersama para penyandang disabilitas. Berikut, music entertainment, pembacaan ikrar sumpa pemuda, juga Talk show  dengan narasumber utama Gubernur NTT, VIKTOR Bungtilu Laiskodat dan Jemmy Pragina Gong. Serta beberapa kegiatan lainnya.

“Inilah beberapa bentuk kegiatan dari hasil inovasi dan kreasi GERAK yang dapat disumbangkan untuk memeriahkan HUT Sumpah Pemuda  kali ini. Gebyar kegiatan dengan spirit Generasi Muda yang Berdaya, Berkarya, dan Peduli sekaligus mengajak masyarakat NTT khususnya anak muda untuk turut mengambil bagian dalam aksi solidaritas peduli sesama,”kata Ryan.

Sembari menambahkan, dalam menghadapi isu yang berkembang saat ini, GERAK punya tanggung jawab moril untuk membendung HOAX, ujaran kebencian, dan bully. Gerak mengambil posisi sebagai ‘agen’ toleransi.

Kesemuanya ini, menurut Ryan, melalui gebyar Sumpah Pemuda ini GERAK menggelorakannya bagi pemuda NTT untuk Indonesia Raya yang terus berjaya. Artinya bertanah air, berbangsa, dan berbahasa yang satu INDONESIA.

Dalam menggelorakan Sumpah Pemuda ini, tegas Ryan, GERAK NTT menggandeng beberapa komunitas. Diantaranya LSM Beta Peduli, Timor Creative People, Karang Taruna Fontein, Pemuda Oebufu, BEM Undana, Fisip Undana, PMKRI, GMKI, PMII, Kompak, dan beberapa lainnya. Dengan mengambil lokasi kegiatan di pelataran gedung Sasando  Kantro Gubernur NTT, Jalan El Tari Kupang, Sabtu 27 Oktober 2018.

“Kita yakin dukungan ini sekaligus menjadi community supported dalam kegiatan GERAK ke depannya. Satu untuk Semua dan Semua Untuk Satu membangun keberagaman masyarakat NTT yang satu dan utuh. Spirit inilah yang kami bangun. Terutama dalam memberdaya kaum terpinggirkan (kelompok masyarakat marginal) yang selama ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Kita memberdaya kelompok yang tidak berdaya, walalupun kami juga dalam keterbatasan,”ungkap Inisiator LSM BETA PEDULI ini. +++ cnc1

Gambar : Fashion street dari Timor Creative People (TCP) Model melenggang di catwalk pelataran gedung Sasando  Kantro Gubernur NTT, Jalan El Tari Kupang, Sabtu 27 Oktober 2018.

Foto : Doc. CNC/marisa dillak-panitia GERAK NTT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *