Bupati ROBY Melantik 74 Pejabat Eselon III

Lama dinanti akhirnya juga Bupati Roby melantik para pejabat eselon III termasuk camat. Karena jabatan adalah kepercayaan, Bupati Roby berharap perlu diwujudnyatakan melalui pelayanan masyarakat secara jujur, adil, dan merata bagi warga yang membutuhkan.

Maumere, citra-news.com – SEDIKITNYA Bupati Sikka, Fransisiskus Roberto Diogo melantik 74 pejabat eselon IIIA dan Eselon IIIB, di Gedung Sikka Convention Center (SCC) Maumere Flores Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin 4 Maret 2019.

Bupati Roby-demikian ia akrab disapa- berharap agar para camat yang baru dilantik agar turun ke tengah masyarakat. Dan mengenal masyarakatnya dari ke rumah. Sehingga bisa mengetahui secara langsung apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Harapan Bupati Roby tersebut dilatari sejumlah data dan fakta. Ada masyarakat yang betul-betul membutuhkan bantuan namun tidak terdata dengan baik oleh pemerintahan di kecamatan dan desa. akan kebutuhan masyarakat. Karena itu camat yang baru dilantik diminta turun ke tengah masyarakat untuk melihat kebutuhan nyata masyarakat sesuai dengan visi dan pemerintah saat ini.

“Saya ingin camat mengenal benar masyarakatnya. Camat harus turun langsung mendata masyarakatnya, mengenal masyarakatnya dari rumah ke rumah. Masyarakat yang membutuhkan bantuan pemerintah harus didata secara pasti,”tegas Roby.

Dia mengatakan, ada banyak kejadian yang sangat mencemaskan di masyarakat bawah. Ada yang layak mendapatkan bantuan justru tidak mendapatkannya. Ada yang tidak layak mendapatkan bantuan, justru mendapatkan bantuan pemerintah. Cara pelayanan seperti ini perlu dirubah. Camat harus melakukan hal yang benar di masyarakat, tandasnya.

Bupati Roby juga dalam sambutannya mengingatkan, mutasi dan pelantikan pejabat Eselon ini tidak ada dendam politik. ”Tidak ada yang merasa ini dibuang atau ini karena dendam politik. Saya katakan tidak ada dendam politik. Semua jabatan itu sama pentingnya,”ucapnya.

Upaya Promosi Bukan Hukuman

Mantan Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sikka itu berharap, para pejabat yang mengemban tugas di era kepemimpinannya (Bupati Fransiskus Roberto Diogo dan Wakilnya Romanus Woga), hendaknya membawa perubahan yang besar dalam pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan visi dan misi pemerintahan sekarang.

Jabatan yang diemban adalah kepercayaan negara. Karena itu Bupati Roby minta kepada pejabat yang baru dilantik agar tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Jaga kepercayaan yang diberikan ini dengan bekerja jujur dan penuh tanggung jawab.

Diketahui, sebelum menduduki jabatan dibuat perjanjian atau fakta integritas. Bahwa kalau kerja tidak benar jabatan ini diambil kembali. Kalau kerja benar kita pertahankan. Karena itu saya (Bupati Roby) berharap kepercayaan yang diberikan dijalankan penuh tanggung jawab.

“Silahkan berkinerja sebagai upaya untuk promosi. Saya peringatkan mutasi dan pelantikan ini tidak dianggap sebagai hukuman. Mutasi ini sudah sesuai prosedur dengan pendekatan professional. Pergeseran ini dilakukan karena rakyat membutuhkan pejabat yang sesuai dengan bidang  ilmu yang dimilikinya.

Terkait mutasi pejabat eselon ini, dalam temu pers tanggal 4 Peberuari 2019, Bupati Robby mengatakan, mutasi direncanakan akan dilakukan pada pertengahan Maret 2019.

“Kita rencanakan sekitar tanggal 21 Maret 2019 dilakukan mutasi jabatan. Bahwa sesuai dengan aturan maka  perencanaan penjadwalan ini sudah menjadi kewenangan kami untuk melakukan mutasi,’tuturnya.

Bupati Roby menambahkan, ada cukup banyak jabatan lowong yang ada. Baik pejabat Eselon IIIA, IIIB dan juga Eselon IV. Jika saja harus segera melakukan pengisian jabatan yang lowong, maka akhir Pebruari 2019 dilakukan pelantikan untuk pengisian jabatan lowong. Ini juga atas permintaan kami dan sudah   disetujui. Kita melihat waktu yang pas apakah didahului pengisian jabatan lowong atau sekaligus mutasi jabatan.+++ amor/cnc

Gambar : Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo alias Roby Idong menyematkan tanda pangkat kepada camat yang baru dilantiknya, di Gedung SCC Maumere, Senin 4 Maret 2019.

Foto. Doc. CNC/Eugenius Mo’a/Pos-Kupang.Com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *