Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini
Sosbud  

PAUS Fransiskus KUTUK Ledakan BOM di GEREJA Kristen Sri Lanka

CitraNews

Dilaporkan, Gereja Santo Antonius di distrik Kochchikade di Kolombo, Gereja Santo Antonius di Katuwapitiya dan sebuah gereja di Batticaloa di timur negara itu, menjadi sasaran ledakan.

Adapun tiga hotel yang menjadi sasaran ledakan adalah Hotel Shangri La, Hotel the Cinnamon Grand serta Kingsbury Hotel di pusat Kota Kolombo.

Salah satu ledakan terjadi di gereja St Anthony di Kochchikade, Kolombo. Sejumlah foto yang beredar di Twitter memperlihatkan kekacauan yang terjadi di dalam gereja St Anthony dan puing-puing bangunan yang berserakan di lantai.

Media massa Sri Lanka yang mengutip keterangan sumber-sumber rumah sakit mengabarkan 150 orang sudah dilarikan ke rumah sakit. “Sebanyak 80 orang sudah dirawat dan masih banyak korban yang akan dibawa ke rumah sakit,” seorang pejabat RS Nasional Kolombo yang tak mau disebut identitasnya.

Baca Juga :  Tinggi Curah Hujan Suplay Air Sawah Tadah Hujan

Polisi mengatakan, ledakan itu menghantam sebuah gereja di sisi utara ibu kota dan kota Negombo tak jauh dari Kolombo. Sementara itu, media sosial di Sri Lanka dibanjiri berbagai informasi soal ledakan di kedua gereja tersebut.

“Sebuah bom meledak di gereja kami, datanglah dan ikut menolong jika kalian memiliki anggota keluarga di sini,” demikian isi status laman Facebook milik gereja St Sebastian di Katuwapiya, Negombo.

Baca Juga :  TAK Kenal LELAH George Hadjoh SEHARI Buka DUA Turnamen Olahraga

Meski umat Kristen Sri Lanka hanya berjumlah enam persen dari seluruh populasi negeri itu tetapi agama ini dianggap sebagai sebuah pemersatu. Sebab, umat Kristen Sri Lanka terdiri atas warga beretnis Tamil dan Sinhala yang selama ini kerap berselisih.

Makna PASKAH

Paskah merupakan perayaan terpenting dalam tahun liturgi gerejawi Kristen, yakni merayakan hari kebangkitan Yesus. Paskah biasanya dimulai dari Rabu Abu, Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, sampai perayaan puncak yakni, Minggu Paskah.

Dari beberapa event ini, ada tiga yang terjadi di pekan suci, yakni minggu terakhir sebelum Paskah. Paskah merayakan hari kebangkitan tersebut dan merupakan perayaan yang terpenting karena memperingati peristiwa yang paling sakral dalam hidup Yesus, seperti yang tercatat di dalam keempat Injil di Perjanjian Baru.

Baca Juga :  Pihak Sekolah Diminta Harus FLEKSIBEL Mendayamanfaatkan Dana BOS

Perayaan ini juga dinamakan Minggu Paskah, Hari Kebangkitan, atau Minggu Kebangkitan.

Banyak yang sering keliru mengartikan Jumat Agung sebagai Paskah. Padahal, Jumat Agung untuk menandai hari kematian Yesus Kristus di kayu salib setelah diadili di Sanhedrin atau disebut juga Mahkamah Agama yang merupakan dewan tertinggi agama Yahudi.