PAUS Fransiskus KUTUK Ledakan BOM di GEREJA Kristen Sri Lanka

Ditengarai sebanyak 280 orang tewas  dan ratusan jadi korban ledakan bom di sejumlah gereja Kristen di Sri Lanka. Tragisnya terjadi saat umat sedang kusutnya mengikuti perayaan Paskah pada Minggu 21 April 2019.

Jakarta,citra-news.com – PAUS FRANSISKUS saat pimpin Misa Paskah 2019 menyebutkan, berbagai serangan terhadap gereja dan hotel di Sri Lanka telah menimbulkan duka dan kesedihan.

“Saya mempercayakan kepada semua orang yang meninggal secara tragis. Saya berdoa bagi yang terluka dan semua orang yang menderita sebagai akibat dari peristiwa tragis ini,”ucap Paus Fransiskus pada akhir pidato solidaritasnya itu.

Atas peristiwa tragis ini, menjadi alasan mengapa Paus Fransiskus tidak menyampaikan homili namun menggantikannya dengan pidato Paskah pada Misa Paskah di Vatikan pada Minggu 21 April 2019.

Pria asal Argentina yang sudah berusia 82 tahun itu mengungkapkan ‘Urbi et Orbi’ terkait konflik dan berbagai kesulitan yang dihadapi seluruh dunia. ’Urbi et Orbi’ biasanya disampaikan di Basilika Santo Petrus di Vatikan pada Natal, Paskah, dan setelah seorang paus baru terpilih.

Seperti diberitakan TribunKaltim.Com, Paus Fransiskus memimpin Misa Paskah tahun 2019 ini di tengah serangan berdarah yang menargetkan sejumlah gereja dan hotel di Sri Lanka. Diwartakan Washington Post dan sejumlah media lainnya, pemimpin Gereja Katolik Roma itu berada di Lapangan Santo Petrus    yang dihiasi bunga untuk memperingati kebangkitan Yesus Kristus setelah penyaliban.

“Saya ingin mengungkakan kedekatan saya yang tulus kepada umat Kristen (Sri Lanka), yang terluka saat berkumpul dalam doa, dan kepada semua korban kekerasan,” katanya seperti dikutip dari Vatican News.

Tidak saja saat perayaan Paskah, bahkan dikabarkan pekan pra-Paskah telah dinodai oleh kehancuran Katedral Notre-Dame di Paris pada pekan lalu. Kini duka kembali tergores dengan insiden serangan bom di Sri Lanka pada Minggu 21 April 2019. Dimana hampir 280 orang tewas dalam sejumlah rentetan ledakan di Sri Lanka dan ratusan orang lainnya terluka.

Sebelumnya, Gereja Katolik di Yerusalem menyebut ledakan itu sebagai hal yang menyedihkan.

Karena terjadi ketika umat Kristen sedang merayakan Paskah.

“Kami berdoa untuk jiwa para korban dan meminta pemulihan yang cepat bagi yang terluka. Kami memohon Tuhan agar para teroris untuk bertobat dari aksi pembunuhan dan intimidasi mereka,”demikian bunyi pernyataan otoritas gereja.

Diketahui, Minggu Paskah adalah salah satu perayaan utama dalam kalender umat Kristen. Namun duka menyelimuti Ibu Kota Sri LankaKolombo. Saat kejadian ditengarai 20 orang tewas seketika dan sedikitnya 80 orang terluka akibat ledakan di tiga gereja dan tiga hotel Kolombo saat umat Kristen merayakan Paskah. Setidaknya ada enam ledakan dilaporkan terjadi di tiga gereja dan tiga hotel di Ibu kota Sri LankaKolombo, ketika umat Kristen merayakan Paskah.

Dilaporkan, Gereja Santo Antonius di distrik Kochchikade di Kolombo, Gereja Santo Antonius di Katuwapitiya dan sebuah gereja di Batticaloa di timur negara itu, menjadi sasaran ledakan.

Adapun tiga hotel yang menjadi sasaran ledakan adalah Hotel Shangri La, Hotel the Cinnamon Grand serta Kingsbury Hotel di pusat Kota Kolombo.

Salah satu ledakan terjadi di gereja St Anthony di Kochchikade, Kolombo. Sejumlah foto yang beredar di Twitter memperlihatkan kekacauan yang terjadi di dalam gereja St Anthony dan puing-puing bangunan yang berserakan di lantai.

Media massa Sri Lanka yang mengutip keterangan sumber-sumber rumah sakit mengabarkan 150 orang sudah dilarikan ke rumah sakit. “Sebanyak 80 orang sudah dirawat dan masih banyak korban yang akan dibawa ke rumah sakit,” seorang pejabat RS Nasional Kolombo yang tak mau disebut identitasnya.

Polisi mengatakan, ledakan itu menghantam sebuah gereja di sisi utara ibu kota dan kota Negombo tak jauh dari Kolombo. Sementara itu, media sosial di Sri Lanka dibanjiri berbagai informasi soal ledakan di kedua gereja tersebut.

“Sebuah bom meledak di gereja kami, datanglah dan ikut menolong jika kalian memiliki anggota keluarga di sini,” demikian isi status laman Facebook milik gereja St Sebastian di Katuwapiya, Negombo.

Meski umat Kristen Sri Lanka hanya berjumlah enam persen dari seluruh populasi negeri itu tetapi agama ini dianggap sebagai sebuah pemersatu. Sebab, umat Kristen Sri Lanka terdiri atas warga beretnis Tamil dan Sinhala yang selama ini kerap berselisih.

Makna PASKAH

Paskah merupakan perayaan terpenting dalam tahun liturgi gerejawi Kristen, yakni merayakan hari kebangkitan Yesus. Paskah biasanya dimulai dari Rabu Abu, Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, sampai perayaan puncak yakni, Minggu Paskah.

Dari beberapa event ini, ada tiga yang terjadi di pekan suci, yakni minggu terakhir sebelum Paskah. Paskah merayakan hari kebangkitan tersebut dan merupakan perayaan yang terpenting karena memperingati peristiwa yang paling sakral dalam hidup Yesus, seperti yang tercatat di dalam keempat Injil di Perjanjian Baru.

Perayaan ini juga dinamakan Minggu Paskah, Hari Kebangkitan, atau Minggu Kebangkitan.

Banyak yang sering keliru mengartikan Jumat Agung sebagai Paskah. Padahal, Jumat Agung untuk menandai hari kematian Yesus Kristus di kayu salib setelah diadili di Sanhedrin atau disebut juga Mahkamah Agama yang merupakan dewan tertinggi agama Yahudi.

Kematian Yesus di atas kayu salib itu diimani oleh umat Kristen sebagai bentuk penebusan dosa umat manusia, maka itulah disebut Jumat Agung. Sementara Paskah merupakan hari kebangkitan Yesus Kristus dari kematian.

Sementara pada hari ‘Kamis Putih’, Paus Fransiskus memimpin prosesi Via Crucis di Colosseum di Roma dan membasuh kaki 12 narapidana di penjara dekat Roma untuk mencerminkan gerakan kerendahan hati Yesus Kristus kepada para muridnya.

Seperti Misa Paskah pada tahun sebelumnya Paus Fransiskus selalu mendorong terjadinya rekonsiliasi serta perdamaian. Guna meredakan berbagai konflik di dunia, mulai dari Timur Tengah hingga Suriah.

“Kami mendorong adanya rekonsiliasi untuk Tanah Suci, yang juga mengalami luka-luka dalam konflik, bagi Yaman dan untuk seluruh Timur Tengah,” kata pemimpin Vatikan itu.

Paus Fransiskus merayakan Paskah di bawah pengamanan ketat serta langit yang cerah pada Minggu, di depan puluhan ribu peziarah berkumpul di Lapangan Santo Petrus yang dihias banyak bunga. Di bawah tradisi lama, Belanda menyumbangkan sekitar 50.000 tulip, bunga bakung, mawar serta anggrek untuk acara ini.

Akses ke alun-alun terkenal untuk misa pada hari paling suci dalam kalender Kristen, menandai kebangkitan Yesus, dikontrol dengan ketat. Turis serta pendeta sama-sama membentuk antrean panjang agar barang-barang mereka diperiksa serta melewati detektor logam.

Tidak hanya menyinggung soal konflik di Timur Tengah, Paus Fransiskus juga menginginkan berlangsungnya pembicaraan untuk mengurangi ketegangan yang sudah berlangsung lama di semenanjung Korea, serta mendorong “perdamaian” di kawasan itu.

“Semoga mereka yang bertanggung jawab langsung melakukan tindakan dengan kebijaksanaan demi kebaikan rakyat Korea serta membangun kepercayaan dengan komunitas internasional,” kata Paus Fransiskus.

Masih menyoal konflik, ia juga mendesak diakhirinya “pembantaian” di Suriah, menyerukan akses ke bantuan kemanusiaan untuk difasilitasi serta “kondisi yang tepat” bagi para pengungsi untuk pulang.

“Hari ini kami memohon buah perdamaian di seluruh dunia, dimulai dengan tanah Suriah yang tercinta dan lama menderita,” kata Paus dalam pidatonya yang diberi tajuk “Urbi et Orbi” atau berarti ‘Kepada Kota dan Dunia’, dari balkon Basilika Santo Petrus.

Dia mendesak bahwa hukum humaniter dapat dihormati, dan perlunya ketentuan dibuat untuk memfasilitasi akses bantuan yang sangat dibutuhkan di area konflik serta memastikan kondisi yang tepat untuk kembalinya para pengungsi. +++ citra-news.com/dari berbagai sumber

Gambar : Pidato Paus Fransiskus di Vatikan menyerukan Perdamaian Dunia sekaligus mengutuk pihak yang meledakan bom gereja Kristen di Sri Lanka, Minggu 21 April 2019.

Foto : Doc. CNC/Tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *