Bupati ROBY Jalin Kerjasama dengan PEMKAB Kutai Barat

Dampak ikutan dari minimnya lapangan pekerjaan di daerah adalah semakin tingginya angka migrasi penduduk. Padahal Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat telah mengeluarkan moratorium  (penghentian sementara)  pengiriman tenaga tenaga ke luar daerah atau ke luar negeri. Bukankah para  tenaga kerja merantau mencari kerja diluar daerah asal motivasinya adalah untuk perbaikan ekonomi dan kesejahteraan?

Balikpapan, citra-news.com – MENDUKUNG program Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), VIKTOR Bungtilu Laiskodat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SIKKA Provinsi menjalin kerjasama di bidang ketenagakerjaan dengan Pemkab KUTAI BARAT, Provinsi Kalimantan Timur. Kerjasama ini bertujuan menolong para tenaga kerja asal Kabupaten Sikka di Kutai Barat, sekaligus mendukung program kerja Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan JOSEF A.Nae Soi.

“Kami akan berjuang sungguh untuk memenuhi hak dasar masyarakat. Salah satunya itu ialah hak untuk memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak. Itu dijamin oleh UUD 1945 pasal 27 ayat 2. Tapi karena ketersediaan lapangan kerja di Kabupaten Sikka belum memadai, maka banyak warga Sikka yang merantau mencari kerja keluar daerah. Salah satunya di Kutai Barat, Kalimantan Timur,”jelas Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si di Balikpapan, Rabu 15 Mei 2019.

Sebagai wujud kepedulian pemerintah maka kami selalu hadir dimanapun warga kami berada. Sudah tentu ada banyak kesulitan yang mereka alami di daerah rantauan. Oleh karenanya Pemda Sikka akan hadir untuk membantunya, sekaligus mendukung program Gubernur NTT.

Seperti dilansir Even Edomeko (Kabag Humas dan Protokol Setda Sikka) melalui release pres-nya dia menulis, Bupati Sikka yang akrab disapa ROBY Idong dalam perjalanan menuju Kabupaten Kutai Barat, dia tidak sendirian. Orang Nomor Satu di Kabupaten Sikka ini didampingi  Ketua DPRD Sikka, Gorgonius Nago, SE, Ketua dan Wakil Ketua Komisi III DPRD Sikka, Alfridus Melanus Aeng, SH dan Stefanus Sumandi, S.Fil.

“Kerjasama dengan Pemkab Kutai Barat ini adalah program yang baik demi masyarakat Kabupaten Sikka, baik yang sudah memilih bekerja disana maupun yang bakal kesana. Oleh karena itu, DPRD Sikka sangat mendukungnya,”kata Ketua DPRD Gorgonius yang akrab disapa Us Bapa, kemarin.

Selain pucuk pimpinan di legislative juga para petinggi eksekutif Kabupaten Sikka. Diantaranya  Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadis Nakertrans) Nakertrans Sikka, Germanus Goleng, S.Sos bersama Staf dan Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Sikka, Even Edomeko, S.Fil.

Pada kesempatan yang sama, Kadis Germanus menambahkan, kerjasama ini akan dimulai dengan penandatanganan MOU Bidang Ketenagakerjaan oleh Pemkab Sikka dan Pemkab Kutai Barat. Setelah itu akan ditindaklanjutkan dengan perjanjian-perjanjian lain yang lebih bersifat aplikatif.

Sesuai rencana, rombongan Bupati Sikka ini dijadwalkan pada hari berikutnya bertatap muka  dengan 2000-an warga Kabupaten Sikka di Kutai Barat. Bila masih ada waktu Bupati Roby dan rombongan bersedia melakukan anjangsana ke area permukiman warga asal Provinsi NTT, khususnya warga asal Kabupaten Sikka.  +++ marthen/citra-news.com/edomeko-humassikka.

Gambar : Rombongan Bupati Sikka ROBY Idong diterima Sekda Kutai Barat, YACOB Tullur, MM (kiri) di ruang kerjanya, Rabu 15 Mei 2019.

Foto : Doc. CNC/even edomeko-humassikka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *