Para Kades JANGAN Salah Menggunakan DANA DESA

Wakil Bupati Kupang, JERRY Manafe, SH, M.Th (ke-3 dari kiri) dan Asisten II Setda Provinsi NTT, Ir. SEMUEL Rebo, M.Si (ke-4 dari kiri) pada acara Pembukaan BID di Desa Nekbaun Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang, Jumat 12 Juli 2019. Doc. CNC/humas setda kab kupang

Wabup Jerry : Kucuran miliaran dana desa guna merangsang masyarakat untuk berinovasi. Namun jika para kepala desa salah menggunakan dana desa maka akan berdampak hukum.

Citra-News.Com, OELAMASI – ASISTEN Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Ir.  SEMUEL Rebo, M.Si menyatakan pengembangan desa berkualitas menjadi perhatian pemerintah saat ini. Terutama pengembangan sector-sektor pariwisata.

‘Saya kagum dengan inovasi beberapa desa di Kabupaten Kupang yang gencar mengembangkan potensi wisata. Salah satunya di Desa Nekbaun yang menata Pantai Tub Afu menjadi lokasi wisata potensial yang bagus,”ungkap Rebo dalam sambutannya ketika membuka Bursa Inovasi Desa, Jumat 12 Juli 2019.

Kegiatan lomba desa atau Bursa Inovasi Desa (BID) ini terpusat di Desa Nekbaun Kecamatan  Amarasi Barat Kabupaten Kupang. Dan mengikutsertakan kelompok masyarakat di 7 (tujuh) kecamatan Zona 3 (tiga). Meliputi Kecamatan Amarasi,  Amarasi Timur, Amarasi Barat, Amarasi Selatan, Amabi Oefeto, Kupang Timur, dan Kecamatan Kupang Tengah.

Rebo juga mengharapkan kepada semua peserta Bursa Inovasi Desa yang hadir saya mengharapkan agar terus berjuang membangun desa dan mensejahterakan masyarakat. Dengan mengembangkan apa yang ada dan dimiliki dapat memberikan nilai tambah bagi peningkatan taraf hidup masyarakat yang lebih baik.

Wakil Bupati Kupang, JERRY Manafe, SH, M.Th (kiri) dan Asisten II Setda Provinsi NTT, Ir. SEMUEL Rebo, M.Si (temgah) meninjau hasil inovasi desa di Desa Nekbaun Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang, Jumat 12 Juli 2019. Doc. CNC/humas setda kab kupang

Senada dengan Rebo, Wakil Bupati (Wabup) Kupang, JERRY Manafe, SH, M.Th memberikan apresiasi beragam inovasi pembangunan desa yang ada di Kabupaten Kupang.  Menurutnya, dari kucuran dana desa telah merangsang (memotivasi) masyarakat untuk berinovasi. Dan melakukan terobosan pembangunan dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa. Baik di sektor pertanian, pertenakan, pariwisata juga sector lainya dalam kerangka meningkatkan keonomi dan kesejahteraan masyarakat desa.

“Secara khusus saya mengapresiasi terhadap kepala desa dan masyarakat di Desa Mata Air Kecamatan Kupang Tengah, yang sudah berinovasi membangun obyek wisata Pantai SULAMANDA (Sudah Lama Aku Menanti Anda). Dan juga Desa Nekbaun Kecamatan Amarasi Barat yang mengembangkan obyek wisata Pantai Tub Afu,”ucap Jerry.

Pantai Tub Afu Desa Nekbaun Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang yang dikembangkan dari dana desa di Desa Nekbaun Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang, Jumat 12 Juli 2019. Doc. CNC/humas setda kab kupang

Dikatakan Jerry, jika kucuran dana desa dikelola secara baik, tepat sasaran, dan sesuai dengan potensi yang aa di desa maka akan memberikan manfaat besar bagi kesejahteran masyarakat. Hal penting yang perlu diingatkan masyarakat adalah  bertumpu pada 5 P yaitu Pertanian, Peternakan, Perkebunan, Perikanan dan Kelautan, dan Pariwisata. Dirinya menyambut positif terhadap setiap terobosan dan inovasi masyarakat. Dan benar-benar dikerjakan pemerintah desa sehingga memberikan hasil nyata bagi masyarakat.

BID Menggali Potensi Terbaik

“Saya bangga dengan kegiatan Bursa Inovasi Desa ini.  Tolong dimanfaatkan dengan baik, tolong dikembangkan potensi yang ada di desa bagi kesejahteraan masyarakat. Jangan berhenti disini, terus berkarya. Para kepala desa membangun jaringan dan komunikasi dengan semua stakeholder, agar banyak ide untuk membangun desa yang maju, mandiri, dan sejahtera,”pinta Jerry.

Kepada para kepala desa, Jerry tegas mengingatkan agar jangan salah mempergunakan dana desa. Dan menyesuaikan dengan aturan yang ada. Sehingga tidak menimbulkan dampak hukum di kemudian hari.

Wakil Bupati Kupang, JERRY Manafe, SH, M.Th (kiri) dan Asisten II Setda Provinsi NTT, Ir. SEMUEL Rebo, M.Si di tengah masyarakat desa pada acara pembukaan BID di Desa Nekbaun Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang, Jumat 12 Juli 2019. Doc. CNC/humas setda kab kupang

SementaraKetua Panitia BID, Obaja Neno dalam laporannya menyatakan, kegiatan BID dalam kerangka menggali potensi terbaik yang ada di dalam desa untuk dikembangkan.  Para kepala desa (Kades) dan jajarannya dilatih untuk lebig kreatif dan inovatif dalam membangun desanya. Ini tentunya didukung dengan dana desa yang dikucurkan pemerintah, tegasnya.

Menurut Obaja, pembangunan tidak hanya fisik saja tetapi bagaimana pengembangan ekonomi dan sector-sektor pemberdayaan masyarakat didayagunakan.  Sehingga dapat menghasilkan dampak ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat. +++ citra-news.com/humas setkab kupang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *