Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Menuju HIGHTEC Siswa SMKN 5 Kupang Didampingi PROFESOR Handal

CitraNews
Dra. SAFIRAH Cornelia Abineno saat peresmian Gedung Center Of Excellent SMKN 5 Kupang, Rabu 28 Desember 2021. Doc. marthen radja/citra-news.com
Safirah : Era Five point Zero (5.0) sangat sarat dengan industri berteknologi tinggi (high technology). Menghadapi tantangan jaman apalagi sebagai salah satu sekolah Pusat Keunggulan di Provinsi NTT, para siswa SMKN 5 Kupang sudah lebih dini dibekali skill yang mumpuni melalui teknologi terapan Energi Terbarukan

Citra News.Com, KUPANG – KEPALA SEKOLAH Menengah Kejuruan Negeri 5 Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dra. SAFIRAH Cornelia Abineno menyatakan pihaknya memberi apresiasi kepada pemerintah pusat yang telah menetapkan SMKN 5 Kupang, salah satu sekolah yang akan dikembangkan menjadi SMK Pusat Keunggulan (Central of Excellent)

Menurut dia, Sejak tahun 2020, SMK Negeri 5 Kupang telah ditetapkan oleh Kemendikbud sebagai salah satu sekolah yang akan dikembangkan menjadi SMK COE (Center of Excellent) atau SMK PK (Pusat Keunggulan). Dengan spesifikasi program Keahlian Teknik Energi Baru Terbarukan (EBT) khususnya pada Kompetensi Keahlian Teknik Energi Surya Hidro dan Angin.

Pernyataan Safirah tersebut bertepatan dengan peresmian gedung COE SMKN 5 Kupang oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat. Namun disayangkan Orang Nomor Satu di Provinsi NTT ini berhalangan hadir. Tapi acara yang bergengsi yang dihelat pada 28 Desember 2021 ini oleh sang gubernur mewakilkan Plt. Asisten II, Erni Usboko.

Akan tetapi, kata Safirah, bagi keluarga besar SMKN 5 Kupang patut menaikkan
Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas perkenanannya, warga SMKN 5 Kupang masih dianugrahkan kesehatan dan kesempatan untuk tetap dan terus berkarya.

Safirah dalam sambutannya mengatakan, peresmian Gedung Ruang Praktek Siswa Program Keahlian Energi Baru Terbarukan (EBT) sungguh merupakan suatu kehormatan dan kebanggan tersendiri bagi kami keluarga besar SMK Negeri 5 Kupang.

Baca Juga :  SAMA Si Kaya dan Si Miskin Dikepung BANJIR Meratapi Nasib

“Keberadaan gedung ruang praktek untuk program keahlian EBT ini tentunya akan memberikan warna dan semangat baru bagi kami dalam mengemban dan menjalankan amanah pendidikan Nasional,” tegas Safirah.

Pendidikan Vokasi dan Guru Tamu

Sebagai sekolah kejuruan, kata Safirah, pada tahun 2020, SMK Negeri 5 Kupang telah ditetapkan oleh Kemdikbud sebagai salah satu sekolah yang akan dikembangkan menjadi SMK Center of Excellence (COE) kerjasama Luar Negeri. Khususnya Program Keahlian Teknik Energi Baru Terbarukan pada Kompetensi Keahlian Teknik Energi Surya Hidro dan Angin.

Lebih jauh Safirah membeberkan, berdasarkan hasil evaluasi kinerja pelaksanaan bantuan COE yang telah kami laksanakan, maka pada Tahun 2021 Kemendikbud kembali menetapkan SMK Negeri 5 Kupang sebagai salah satu sekolah yang akan dikembangkan menjadi SMK Pusat Keunggulan dengan masih mengacu pada program keahlian yang sama yaitu Teknik Energi Baru Terbarukan.

Adapun visi Program SMK PUSAT KEUNGGULAN adalah Menghasilkan lulusan yan terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta menjadi rujukan /pengimbas dalam peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

Untuk mewujudkan visi tersebut, maka ada program – program yang telah dan akan kami laksanakan agar ada keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja. Dintaranya, Kurikulum disusun bersama Dunia Usaha Dunia Industri dan Dunia Kerja, serta guru tamu yang berkompetensi di duni industri.

Baca Juga :  Mufida Yusuf Kalla Disuguhi Puisi Kebangsaan

Termasuk penguatan aspek soft skill dan karakter kebekerjaan untuk melengkapi aspek hardskill yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Ini penting karena menyongsong era five point zero dunia kerja diperhadapkan dengan industri berteknologi tinggi atau Hightec (high technology)

Untuk menghadapi tantangan ini harus bisa memastikan hardskill dan soft skill serta karakter yang kuat. Maka diperlukan jumlah dan peran guru tamu instruktur dari industri dan ahli dari dunia kerja ditingkatkan secara signifikan sampai minimal mencapai 50 jam /semester dengan Praktek Kerja Lapangan (PKK) minimal 1(satu) semester.
Sertifikasi kompetensi yang sesuai standar dan kebutuhan dunia kerja bagi lulusan dan bagi guru/instruktur.

Menjaring kerjasama dengan Dunia Usaha Dunia Industri dan Dunia Kerja /(DUDIKA) yang relevan untuk Komitmen serapan lulusan. Untuk poin ini SMK Negeri 5 Kupang telah menjalin kerjasama dengan Industri – industri berskala lokal, Nasional dan skala Asia, khususnya untuk energi angin kami sudah menjalin kerjasama yang baik dengan PT. Inovasi Teknologi Desa di Solo, serta Asosiasi Energi Angin Indonesia.
Yang berawal dari kebutuhan industri yang hasilnya dihilirkan ke industri dan pasar.

Dalam menjalankan ke 8 Program, maka Kemdikbud mendukung dan memfasilitasi kami melalui Pendampingan dari Universitas Gadjah Mada, dimana kami didampingi dan dibimbing oleh profesor – profesor Hebat (handal, red) yang mebantu kami dalam perencanaan dan pengelolaan program dalam rangka mengembangkan sinergi dengan dunia kerja, akses SMK untuk bermitra dengan dunia kerja.

Baca Juga :  Spirit KOLABORASI Pentaheliks Jadi KEKUATAN Bank NTT Bisa SETARA Dengan 33 Bank Ternama NASIONAL

Kehadiran Universitas Gadjah Mada di SMK Negeri 5 Kupang tentunya membawa nuansa, semangat dan motivasi baru, untuk kami semua, khususnya bagi anak anak didik. Kami sudah menandatangani perjanjian kerjasama dengan pihak Pusat Energi Universitas Gajah Mada dan pada awal tahun 2022, siswa2 kami sudah bisa melaksanakan magang di UGM untuk mendalami tentang Energi Terbarukan di Universitas Gadjah Mada.

“Tugas dan tanggung jawab kami dalam mengemban predikat SMK Pusat Keunggulan bukanlah sesuatu yang mudah. Dibutuhkan perjuangan dan kerja keras,. Namun melihat dukungan dari semua pihak kami yakin bahwa kami tidak sedang berjalan sendiri, ‘ucpanya.

Sembari menambahkan, untuk mewujudkan Visi SMK Pusat Keunggulan, apalagi mendapat dukungan penuh dari Gubernur NTT membuat kami di SMKN 5 Kupang bertambah semangat dan akan terus berlari, berjuang dan bekerja keras untuk memanusiakan anak anak didik yang Tuhan titipkan di SMK Negeri 5 Kupang.

Turut hadir di acara yang bergengsi ini dihadiri para petinggi di lingkungan Pemprov NTT. Diantaranya, Kepala Dinas P dan K Prov NTT, Linus Lusi dan jajarannya. Kepala Badan Kepegawaian Setda NTT, Ina Laiskodat serta Profesor Ambarwati dari UGM, anggota kepolisian Resort Kota Kupang dan tamu undangan lainya.

Selain peresmian Gedung Ruang Praktek Siswa Program Keahlian Energi Terbarukan, sekaligus juga melaunching Inovasi EBT yaitu GROSUR (Gerobak Surya) serta lampu taman tenaga surya.

Disaksikan awak citra-news.com. para tamu undangan disuguhkan minuman juice alpukat yang diproduksi langsung oleh Grosur.  +++ marthen / citra-news.com