Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

EDUTRIP ke Eropa PERTEGAS Kerjasama Bidang PENDIDIKAN dan Sosbudpar

CitraNews

SEMI Ndolu saat diwawancarai awak Portal berita citra-news.com di Kupang, Kamis 16 Maret 2023. Doc. marthen radja/citra-news.com

Semi Ndolu : “Program Ausbildung bukan pengiriman TKI ke Jerman. Melainkan sebuah peluang kuliah sambil kerja bagi…..”

Citra News.Com, KUPANG – KETUA Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kota Kupang, SEMI Ndolu mengakui kalau dirinya bersama beberapa Kepala SMA/SMK baru kembali dari Eropa.

“SMK Negeri 4 Kupang salah satu sekolah yang telah bekerja sama melalui penandatanganan MoU dengan Global Katayst e.V Stuttgart – Jerman pada Agustus 2022 lalu. Dari nota kesepahaman itu kini mulai melakukan benchmarking dimana Kepala SMKN 4 Kupang bersama 3 kepala SMK/SMA lainnya memenuhi undangan edutrip ke sejumlah negara di Eropa. Yakni Jerman, Swiss, Paris, Luxembourg, Lichtenstein, dan Austria”, kata Semi Ndolu ketika ditemui awak portal berita citra-news.com di ruang kerjanya, Kamis, 16 Maret 2023.

Baca Juga :  Aplikasi B-PUNG PETANI Bank NTT Jadi KUNCI Pengendalian INFLASI PANGAN
Baca Juga :  Rahasia SUKSES Dibalik SMKN 5 Kupang Jadi Sekolah Pusat Keunggulan EBT

Menurut dia, manfaat dari program kunjungan ke beberapa negara di Eropa adalah memperkuat sekalgus membuka pintu kolaborasi yang sinergis dengan pemerintahan Jerman untuk memberikan peluang studi dan bekerja bagi setiap tamatan SMK Negeri 4 Kupang. Maupun lulusan dari sekolah-sekolah lain di Nusa Tenggara Timur.

Kunjungan dalam rangka Ausbildung Partnership Programe tersebut dilakukan di sejumlah perusahaan mitra dan institusi. Seperti : WFöG (Welcome Center/institusi pemerintah Jerman); HFU (Hochschule Furtwangen University)- Germany; Universitas degli Studi di Milano (Uni Milan) – Italy.

Baca Juga :  IMIGRAN Afganistan MIGRASI ke Pangkal Pinang

Dia mengemukakan, terjalinnya kerjasama dimaksud berawal dari perkenalan dan saling sapa dengan seorang personel Prime Education, Indra Irwan selaku mitra ekslusif Global Katayst e.V Stuttgart-Jerman.

“Dari komunikasi ini kami akhirnya berbagi informasi mengenai program Ausbildung di Jerman yang difasilitasi oleh Global Katayst e.V. Dimakan sebuah asosiasi nirlaba (NPO) yang didirikan di Stuttgart – Jerman”, tuturnya.