Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Bangun Depot Arsip NTT Telan Dana 52 Miliar

CitraNews

Design sket gedung Depot Arsip NTT berlantai 5 ini, menurut dia, sudah dilakukan beberapa tahun lalu. Atau semenjak Flori Mekeng menjabat sebagai Kepala Badan Arsip Provinsi NTT. “Sampai saat saya menjabat harus bolak balik meyakinkan anggota DPRD NTT akan pentinganya sebuah gedung yang representative penyimpan dokumen negara. Itupun baru disetujui tahun 2017 kemarin. Ketika disetujui DPRD NTT saya ajukan ke pemerintah pusat sehingga disetujui dengan dana yang siap digelontorkan senilai Rp 52 miliar”.

Baca Juga :  Bursa INOVASI Desa Forum Pertukaran GAGASAN

Dalam mendukung eksistensi dan pengelolaan kearsipan ini, kata Lambert, tidak saja memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Lebih dari itu adalah kesiapan sumber daya manusia (SDM) menjadi keutamaannya. Sehingga tenaga arsiparis yang juga masih terbatas dan tersebar di SKPD-SKPD (satuan kerja perangkat daerah) tingkat provinsi perlu ditingkatkan, selain jumlah juga kualitas SDM yang dimiliki.

Dari segi jumlah, lanjut dia,  pada tahun 2015 total tenaga arsiparis di Pemprov NTT sebanyak 52 orang.  Mengingat pentingnya SDM pengelola kearsipan ini maka ada penambahan tenaga arsiparis pada tahun-tahun berikutnya. Tahun 2016 bertambah 6 orang, tahun 2017 bertambah 27 orang, dan 9 orang di tahun 2018. Sementara total tenaga arsiparis se-Provinsi NTT baru berjumlah 159 orang.  Kecuali Kota Kupang sampai dengan saat ini belum ada tenaga arsiparis.