Operasi Mantap Praja Kepolisian Amankan Pemilukada

Laporan : Armando WS

Editor : marthen radja/cnc

Maumere, citranews.com- SEDIKITNYA terdapat 11 daerah di Provinsi NTT yang melaksanakan Pemilihan Umum Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Pemilukada). Termasuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT periode 2018 – 2023.

Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Kapolda NTT), Irjen Polisi  Drs. Raja Erizman dalam kunjungan kerjanya ke Maumere Kabupaten Sikka, Kamis (05 April 2018) mengatakan, dalam kerangka pengamanan Pemilukada, aparat kepolisian di NTT melakukan pengamanan melalui Operasi Mantap Praja.

“Berbagai tahapan kampanye sedang dilalui bersama. Saat ini aparat kepoilisian sedang melaksanakan Operasi Mantap Praja dalam rangka mengamankan Pilkada di 10 kabupaten dan pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur NTT,” kata Raja.

Kepada wartawan di Mapolres Sikka, Raja menjelaskan selain kesiapan personil kepolisian yang ada di Polres-Polres. Akan tetapi juga dibantu oleh personil Polda NTT yang nantinya ketika dibutuhkan. Selain kesiapan personil untuk pengamanan Pilkada 2018 namun juga sampai pada Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden RI tahun 2019 mendatang.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Sikka, AKBP Rickson PM Situmorang, SIK. Untuk pengamanan Pilkada 2018 dan Pemilu Legialatif serta Pemilu Presiden RI tahun 2019, Polres Sikka sudah mengantisipasi dengan kegiatan/operasi yang behubungan dengan keamanan, kenyamanan, dan ketertiban masyarakat.

“Untuk internal kepolisian dalam kaitannya dengan Pemilu juga Pemilu kepala negara, kepala daerah serta Pemilu anggota legistalif (DPD. DPR, DPRD) sudah menjadi ultimatum yang harus ditaati. Yakni TNI/Polri harus Netral. Ultimatum untuk tidak ikut dalam aktivitas politik praktis ini harus dijunjung tinggi oleh setiap anggota kepolisian,”pinta Situmorang.

Seperti yang sudah ditegaskan Kapolda NTT soal netralitas, tambah dia, jangan sampai ada anggota yang terlibat politik praktis.  Jika ada anggota yang diketahui terlibat politik praktis maka selaku atasan langsung, dia akan melakukan tindakan tegas sesuai dengan aturan yang berlaku. Bahkan sampai pada pemecatan anggota tersebut, tandasnya. +++ mof/cnc

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *