Jembatan PALMERAH Telan Dana 200-an Juta USD

Kupang, citranews.com –  JIKA tidak ada halangan yang berarti maka Jembatan Pancasila PALMERAH (Palo Tanah Merah) di Kabupaten Flores Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan segera dibangun pada Juni 2018.

Demikian  Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTT, Ir. Andreas W. Koreh, MT  ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (11 April 2018)

“Direncanakan pembangunan jembatan Pancasila Palmerah dimulai pada tanggal 1 Juni 2018. Pembangunannya diawali dengan ground breaking oleh Presiden RI Joko Widodo yang menurut rencana bapak presiden akan datang ke NTT menghadiri acara peringatan hari lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni dan juga Bulan Soekarno,”kata Andre.

Menurut dia, pembangunan Jembatan Pancasila Palmerah yang menghubungkan antara Larantuka, ibukota Kabupaten Flores Timur dengan Pulau Adonara itu menelan dana sekitar 200 juta US Dollar. “Rencana pembangunan Jembatan Pancasila Palmerah tersebut sudah melalui tahapan pra visibility study yang juga sudah selesai dilakukan. Sehingga dipandang layak untuk dibangun. Demikian juga pihak investor sudah  menyatakan kesanggupannya dan siap membangun. Investor asing dari Belanda dalam hal ini PT Tidar Bridge, “tandasnya.

Pembangunan jembatan Pancasila Palmerah ini, lanjut Andre, sangat prospektif. Karena tidak hanya sebagai jembatan penghubung antara pulau Flores dan pulau Adonara. Akan tetapi memberi manfaat ganda (multi fungsi). Selain memperlancar arus lalu lintas perekonomian masyarakat, juga menjadi pusat pembangkit tenaga listrik. Karena dilengkapi dengan turbin penggerak yang menghasilkan tenaga (daya) listrik.

Terkait pembangkit daya listrik ini, sebut Andre,  untuk tahap pertama dapat menghasilkan daya antara 20-30 mega watt (MW).  “Dalam perhitungan secara matematis harga jual listrik dengan kisaran angka berapa itu sedang dalam tahapan negosiasi”. +++ cnc1

 

Gambar : Ir. Andre W. Koreh, MT. (doc.marthen-citranews.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *