Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Provinsi NTT Antarpulaukan 25 Ribu Ekor Ternak Besar

CitraNews

Permintaan kebutuhan daging sapi, kerbau, dan kuda di bulan suci Ramadhan sampai dengan Idul fitri, menurut Danny, lebih sedikit jumlahnya jika dibandingkan dengan pengantarpulauan ternak besar ini untuk memenuhi permintaan pada Idul Adha.

“Kalau kebutuhan Idul Adha biasanya lebih besar. Secara angka antara 12-15 ribu ekor. Sedangkan untk Idul Fitri tahun 2018 ini dalam satu bulan terakhir mengalami kenaikan sampai dengan 8000 ekor saja. Iya,  kalau total sampai dengan minggu kedua Juni 2018 sebanyak 12 000 ekor. Tetapi kalau akumulasi sejak tiga bulan terakhir ini sekitar 25.000 ekor,”katanya.

Danny menjelaskan, total akumulasi 25.000 ekor ini tidak hanya untuk kebutuhan bulan Ramadhan dan Idhul Fitri. Tetapi juga  untuk kebutuhan rutin pengantarpulauan ternak potong untuk DKI, Sulawesi dan Kalimantan. Dan biasanya kebutuhan Provinsi DKI Jakarta lebih besar jika dibandingkan dengan daerah lainnya. “Memang permintaan DKI banyak akan tetapi kita tidak bisa memenuhinya sekaligus,”tandasnya. Permintaan kebutuhan pengantarpulauan ternak besar, menurut Danny, melalui mekanisme yang berantai.  Mulai dari para pelaku bisnis ke suplier dan selanjutnya mendapat rekomendasi dari Dinas Peternakan Provinsi NTT.  Dan permintaannya juga tidak setiap hari. Jika dihitung per minggunya maka bisa mencapai 1000 ekor per minggu. Setelah sekian minggu mereka baru ajukan lagi kemudian kita rekomendasikan sesuai permintaan.  Kemudian pola pengangkutannya juga diatur. Ada yang menggunakan kapal cargo tapi ada juga diangkut dengan kapal khusus angkut hewan ternak.

Baca Juga :  DPR RI Berjuang Muluskan Proyek EBT dari Sumba NTT