Menhub Tindak Tegas Maskapai Penerbangan yang Naikan Tarif

Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi meminta maskapai penerbangan tidak memanfaatkan momen Lebaran 2018 untuk menaikkan tarif.

Jakarta, citra-news.com – SEBAGIAN BESAR masyarakat Indonesia mengeluhkan kenaikan harga tiket pesawat yang melonjak tajam menjelang Lebaran 2018. Bahkan harga tiket melampaui tarif batas yang telah ditentukan.

Menanggapi keluhan soal kenaikan tariff tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku akan menindak tegas maskapai penerbangan yang menjual harga tiket dengan harga yang melebihi batas atas.

“Kami akan menindak tegas maskapai penerbangan yang tidak pertimbangkan daya beli masyarakat dalam menentukan tarif tiket. Maskapai penerbangan yang menjual harga tiket dengan harga yang melebihi batas atas,”tegas Budi.

Dikatakannya, walaupun permintaan sedang tinggi dalam masa Lebaran ini, akan tetapi pihak maskapai tidak memanfaatkan momen ini untuk memaksimalkan tarif batas atas yang ada. Karena penetapan tarif yang ada sudah disesuaikan dengan daya beli masyarakat saat ini.

Terkait kenaikan harga tiket pesawat, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno pernah menyurati maskapai Garuda Indonesia karena kenaikan tarif tiket Lebaran rute Jakarta-Padang

cukup tinggi jika dibandingkan durasi penerbangan yang sama di daerah lain.  Sehingga ini menjadi salah satu pemicu inflasi, kata Irwan.

Menurut Irwan, merujuk laporan Badan Pusat Statistik Sumatera Barat tahun 2017, kenaikan harga tiket pesawat menjadi salah satu komponen penyumbang inflasi terbesar saat Idul fitri, yakni sebesar 0,10 persen terhadap angka inflasi 0,34 persen.

Bukan hanya di Sumatera Barat, kata Irwan, Kepulauan Riau pun menerima imbas dari tingginya harga tiket pesawat. Berdasarkan data Bank Indonesia Perwakilan Kepri, mahalnya tarif penerbangan saat Lebaran menyebabkan inflasi sebesar 0,17 persen.  Sedangkan di Kepulauan Bangka Belitung, provinsi di Sumatera yang mengalami inflasi paling tinggi pada Juni 2017 engan inflasi mencapai 34,85 persen. +++ cnc/web

 

Gambar : Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi. Doc. CNC/tirto.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *