PT GMC Diminta SERIUS dan Rekruit Tenaga LOKAL

Lebu Raya : Sudah banyak perusahaan yang janji dan mau membangun smelter mangan dan bahkan ada yang sudah ground breaking. Tapi menghilang entah mengapa dan tiada kabar lagi. Jikalau memang PT Gulf Manganese Corporation (GMC) mau membangun smelter maka kami pasti membantu perusahaan yang mau bekerja serius. Saya juga berharap agar PT GMC menyerap tenaga kerja lokal sebanyak-banyaknya.

Kupang, citra-news.com – MANTAN Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Drs. Frans Lebu Raya berharap PT Gulf Manganese Corporation (GMC), agar serius bekerja membangun smelter mangan. Karena sudah banyak perusahan yang berkeinginan yang sama dan bahkan sudah melakukan ground breaking pembangunan smelter mangan. Namun tidak ada kelanjutannya karena tidak serius.

“Saya mengikuti cukup baik keinginan-keinginan dari perusahaan yang ada. Ini terjadi bukan saja waktu saya jadi Gubernur NTT. Tapi sejak sebelumnya saya jadi Wakil Gubernur, sudah ada banyak perusahaan yang berjanji dengan keinginan yang sama. Bahkan ada perusahaan yang sudah melakukan ground breaking  untuk membangun smelter. Tapi rupanya mereka tidak serius membangun. Sehingga tidak ada kabar lagi sampai hari ini,”jelas Lebu Raya dalam sambutannya saat peresmian pembangunan Pabrik Smelter Ferro Mangan di Bolok, Kupang NTT, Jumat 20 Juli 2018.

Selaku SESEPUH masyarakat NTT, Lebu Raya membeberkan, ada banyak fakta yang mengindikasikan ketidakseriusan niat dari perusahaan-perusahaan yang datang ke NTTdan mau membangun smelter mangan.  Paling tidak, sebu dia, sudah dua kali  dilakukan ground beraking pembangunan smelter mangan. Yakni di Takari Kabupaten Kupang dan di Kabupaten Belu. Di Bolok sini dulu kita kasih lahan tapi kemudian gagal.

Namun Gubernur NTT dua periode ini mengingatkan, jika hari ini di daerah Bolok juga PT Gulf Manganese Corporation memang serius mau membangun pabrik mangan di NTT, diharapkan untuk bisa merealisasikannya.

“Setelah berulang kali pihak Direksi PT GMC bertemu saya. Dan setelah saya tidak lagi jadi gubernur mereka datang lagi mengundang saya harus hadir pengresmian hari ini. Saya bilang saya akan datang memenuhi undangan, kalau memang PT GMC melakukan dengan sungguh-sungguh dan serius untuk membangun  smelter. Karena saya pernah sampaikan bahwa saya hanya mau membantu orang yang benar-benar membantu dan serius membangun NTT. Kalau tidak serius saya tidak membantu,”tegasnya.

Perusahaan ini menyatakan mereka (PT GMC) serius, lanjut Lebu Raya, iya kita dukung dan hari ini jadi diresmikan. Saya juga berpesan ketika itu saya minta supaya kalau perusahaan ini mulai membangun maka tenaga kerja disini saya minta diperhatikan. Mudah-mudahan merekruit tenaga kerja kita dan bekerja dengan baik disini. Agar bisa mengubah kehidupan mereka dan mengurangi yang pergi-pergi jadi TKI keluar negeri.

Karena sekarang banyak sekali yang pergi keluar NTT bik legal maupun illegal. Nanti yang illegal kita dengar dia sakit dan mati di luar negeri. Tapi dia berangkat kita tidak mengerti. Saya berharap bawa hari ini kita mulai dengan serius dan ini akan ada kelanjutannya dan sampai kepada beroperasinya pabrik ini dengan sukses.

“Harapan saya demikian saja dan nanti bapak Penjabat Gubernur (Robert Simbolon) akan menyampaikan arahan-arahan. Tapi saya selaku teman lama iya mudah-mudahan tidak ditinggal. Sebagai teman lama saya terus memberikan dukungan walaupun saya tidak lagi sebagai gubernur,”ucap Lebu Raya.

Lebu Raya Ketua Tim Jokowi Presiden 2019

Dikatakan Frans Lebu Raya, baru saja saya bilang pak FOFO SARIAATMADJA, Presiden Komisaris PT Gulf Mangan Group ini. Kan beliau bertanya saya setelah ini ngapain. Saya bilang tidak apa-apa tapi saya keliling-keliling NTT karena saya masih ketua partai.

Saya juga katakana saya terus mempersiapkan diri untuk 2019. Mempersiapkan pak Jokowi untuk jadi Presiden 2019. Tapi mohon ijin pak Robert, saya memang cerita tentang ini kemana-mana. Sewaktu saya masih menjabat Gubernur juga saya cerita kemana-mana. Setelah ini saya lebih bebas dan saya akan jadi Ketua Tim Jokowi untuk memenangkan Jokowi nanti tahun 2019 di NTT. Begitu boss, ungkapnya.

Ini sekadar cerita, tambah Lebu Raya, tapi saya senang. Jujur saya senang PT GMC hari ni sudah memulai dengan pengresmian. Kalau sudah memulainya maka harus terus belanjut sampai sukses. Karena beberapa waktu lalu saya letakan batu pertama di sebelah sini. Itu heboh-heboh dan ramai luar biasa. Tapi sampai hari ini sudah tidak kedengaran lagi.

Sehingga pak Penjabat Gubernur, Robert Simbolon, saya katakan beliau bahwa saya ini sesungguhnya tidak suka meletakan batu pertama. Saya lebih suka meresmikan yang sudah jadi. Tapi iya mudah-mudahan ini bisa sukses. Kami mendoakan dan terus membantunya. Memang tentunya ada masalah tapi kami percaya dengan pidato Mr. Hamish Bohannan (Presiden Direktur).

Dengan dibangunnya smelter mangan di NTT ini, Ketua DPD PDIP NTT ini berharap, jangan dibawa keluar dalam bentuk gelondongan. Tapi diolah terlebih dahulu di NTT atau di lokas mana dibangun smelter mangan lalu dibawa keluar dalam bentuk sudah jadi atau setengah jadi. Sehingga bisa bermanfaat ganda bagi masyarakat dan terutama penyerapan tenaga kerja lokal.  PT GMC serius membantu masyarakat berarti juga ikut bersama-sama membangun NTT.

“Mari kita sama-sama mendukung pak Robert Simbolon selaku Penjabat Gubeenur NTT untuk melaksanakan tugasnya dengan baik. Pak Robert Simbolon dilantik sebagai Penjabat Gubenur NTT tanggal 17 Juli 2018 sedangkan saya berhenti dari jabatan Gubernur NTT tanggal 16 Juli 2018. Bahwa kami sudah membawa NTT sudah sampai pada titik ini,”kata Lebu Raya.

Nanti NTT, tambah dia, akan dibawa oleh pemimpin baru Gubernur dan Wakil Gubernur NTT,  kak Viktor Bungtilu Laiskodat dan Yoseph A. Nae Soi. Mari semua kita mendukung pak Viktor dan pak Yoseph dalam membangun kehidupan masyarakat yang lebih bak lagi. +++ cnc1

Gambar : Drs. Frans Lebu Raya pose bersama Penjabat Gubernur NTT Robert Simbolon dan Direksi Perseroan Terbatas Gulf Mangan Grup (Gulf Manganese Corporation Ltd/Limited), di Kawasan Industri Bolok (KIB) Kupang NTT. Doc.marthenradja/CNC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *