Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Fofo : Kami SERIUS Menjalankan Proyek SMELTER MANGAN

CitraNews

“Saya yakin smelter mangan ini yang pertama kali beroperasi di Provinsi NTT. Multiplier effect-nya juga untuk kesejahteraan masyarakat NTT. Karena kalau ada smelter maka lokasi tambang mangan juga akan jalan. Kalau ndak ada tambang iya smelter mau dapat makannya dari mana,”ungkap Fofo.

Dari angka investasi yang sangat besar ini, menurut Fofo, menunjukkan PT Gulf Mangan Grup (GMG) tidak main-main membangun industri smelter mangan di Bolok Kupang Provinsi Nusa Tenggara Indonesia.

Dikatakan, untuk ekspor hasil produksi smelter, PT GMG bisa melakukan dalam bentuk row materailnya juga. Dengan begitu besar jumlah produk mining-nya dari pengumpul dan dari perusahaan-perusahaan yang ada ikatan kerjasama dengan PT GMG.

Baca Juga :  Maksi : Ruas JALAN Provinsi SoE-Kapan-Nenas SUDAH DIASPAL
Baca Juga :  JALAN Pansel ENDE Terbangun Bupati DJAFAR Nekad TEROBOS Jalur EKSTRIM

“Iya kalau lebih gampangnya kita beli dari perusahaan atau PT-PT yang ada. Kan sudah ada perusahaan yang dulu sempat mengumpulkan produk mangan. Namun karena peraturan pemerintah dimana UU melarang tidak boleh mengekspor mangan dalam bentuk row material. Akibatnya banyak perusahaan yang gagal mengantarpulaukannya,”tandasnya.

Akan tetapi, lanjut dia,  UU yang baru harus ada smelter-nya. Artinya dari produk mangan itu kemudian dilakukan pemurnian terlebih dahulu. Dari kerja-kerja pemurnian ini sudah tentu membutuhkan banyak tenaga kerja non teknis yang sebagai besar kita ambil tenaga kerja lokal. Kecuali tenaga teknis atau tenaga ahli yang membutuhkan kualifikasi tertentu, itu kita ambil dari orang luar NTT.