Bupati ROBY Idong Ajak Masyarakat TES HIV/Aids

Kabupaten Sikka urutan ketiga terbesar jumlah penduduk yang terkena virus HIV/Aids. Hingga Agustus 2018 tercatat sebanyak 700 kasus HIV/Aids mendera warga.

Maumere, citra-news.com – SEBAGAI kepala daerah patut memberikan contoh yang baik warga masyarakat. Adalah fakta Bupati Sikka, ROBY Idong  menyerahkan diri untuk dites ada tidaknya virus HIV/Aids oleh petugas dari Dinas kesehatan Kabupaten Sikka.

“Saya perlu memberikan contoh kepada para pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) juga seluruh masyarakat Kabupaten Sikka tentang arti penting dilakukan tes darah. Tujuannya untuk mengetahui ada tidaknya virus HIV di dalam tubuh,”kata Bupati yang bernama lengkap Fransiskus Roberto Diogo Idong ini.

Menurut dia, saat ini di Kabupaten Sikka tercatat 700 kasus HIV/Aids mendera warga masyarakat. Virus HIV di Kabupaten Sikka ibarat gunung es yang terus rapuh. Bahkan untuk tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)  maka Kabupaten Sikka menjadi kabupaten terbesar ketiga korban yang terkena virus HIV setelah Kabupaten Belu dan Kota Kupang.

Data terakhir, sebut Roby, hingga Agustus 2018 terdapat 700 kasus HIV/Aids yang tersebar di 21 kecamatan se-Kabupaten Sikka. Itu artinya bahwa penyebaran virus HIV semakin merajalela dan semakin akrab dengan kehidupan masyarakat Kabupaten Sikka.

Dalam program 100 hari ini kami bertekad menyelesaikan beberapa agenda. Diantaranya mewajibkan masyarakat tanpa pandang bulu untuk dilakukan tes darah. Tujuannya untuk mengetahui ada tidaknya pesebaran virus HIV di tengah masyarakat kita,”kata Roby.

Agenda lainnya, sambung dia, adalah penanganan sampah, penataan fasilitas umum, penataan pasar, penyediaan air minum dan listrik, serta penanganan masalah pemberantasan hewan anjing rabies yang juga saat ini mencapai kasus tertinggi.

Bupati ROBY Idong sontak melakukan tes darah ini ketika memantau setiap stand yang memamerkan hasil inovasi dan kreasi kelompok masyarakat desa, pada kegiatan Bursa Inovasi Desa di pelataran Sikka Convention Center (SCC) di Maumere, Kamis 11 Oktober 2018.

Didampingi sang istri, Ny. Cahyani Bupati Roby berkeliling dari satu stand ke stand yang lainnya. Menyinggahi stand kelompok usaha ekonomi produktif Bupati Roby dan Ketua im Penggerak PKK Kabupaten Sikka itu sempat mencicipi hasil olahan bahan makanan. Bahkan di stand milik Komisi Penanggulangan Aids Daerah Kabupaten Sikka, Bupati Roby menyerahkan diri untuk dilakukan tes HIV oleh petugas kesehatan.

“Sebagai kepala daerah sekaligus Ketua KPAD saya perlu mencontohi para pejabat dan ASN melakukan tes darah. Mudah-mudahan contoh ini perlu ditiru agar bisa terdeteksi ada tidaknya virus HIV,”tandasnya. +++ amor/cnc

Reporter : Armando WS/CNC

Editor : marthin radja

Gambar : Bupati ROBY Idong didampingi Ny. Cahyani melakukan tes darah di stand KPAD pelataran SCC di Maumere, Kamis 11 Oktober 2018.

Foto : doc. Armando WS/CNC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *