Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini
Sosbud  

Cegah RABIES Ribuan Hewan Anjing DIVAKSIN

CitraNews
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Jika manusia terkena gigitan anjing yang berpotensi virus rabies besar kemungkinan akan meninggal dunia. Vaksinasi adalah jalan terbaik untuk membebaskan penyebaran virus rabies atau penyakit anjing gila itu.

Maumere, citra-news.com – DATA yang dibukukan Dinas Pertanian Kabupaten Sikka menyebutkan sedikitnya terdapat 25.350 ekor anjing piaraan masyarakat yang tersebar di 21 kecamatan dan 130 desa di Kabupaten Sikka. Dari jumlah yang ada menjadi potensi penyebaran virus rabies yang mematikan itu.

Camat Kangae, Marthen Luther Adji, SE mengatakan, Kecamatan Kangae saat ini ditetapkan sebagai kecamatan endemic rabies.  Dari data yang dihimpun menyebutkan populasi hewan anjing piaraan di masyarakat kecamatan tersebut berjumlah 2.968 ekor anjing. Dari jumlah yang ada sebanyak 2.253 ekor anjing yang sudah divaksinasi. Sisanya sebanyak 715 ekor anjing yang segera divaksinasi sekitar pertengahan Oktober 2018.

Baca Juga :  KADIS Benyamin BANTAH Ada INTERVENSI Pihak Dinas
Baca Juga :  Dekranasda dan UPT Taman Budaya NTT Gelar Pemilihan Putra Putri Tari 2021

“Data yang dihimpun dari bulan Agustus sampai dengan September 2018 belum ada laporan kasus gigitan anjing dari puskesmas setempat,” kata Adji.

Namun pada September 2018 ada dua sampel yang dikirim, lanjut dia. Yaitu, sample kepala anjing yang positif rabies langsung dihantar oleh kepala desa Meken Detung  ke pusat kesehatan hewan (Keswan) Kecamatan Kangae. Dan sampel kepala anjing yang tidak ada identitas pemiliknya teridentifikasi negative yang ditemukan oleh petugas Keswan di halaman depan Kantor Kecamatan Kangae.