OHB Alat TERAPI Bagi Wisatawan PENYELAM

Penantian yang panjang akan peralatan canggih oleh Rumah Sakit Dr.T.C Hillers Maumere, kini terjawab sudah. Alat terapi Oksigen Hiperbarik (OHB) yang dipesan sejak tahun 2016 baru direalisasikan pada tahun 2018. Sudah pasti karena keterbatasan dana APBD, bukan?

Maumere, citra-news.com – DIREKTUR Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Dr.T.C Hillers Maumere, dr. Clara Yosefina Francis, MPH mengatakan, Rumah Sakit Umum daerah saat ini telah memiliki alat terapi chamber Oksigen Hiperbarik (OHB).

“Alat ini telah diperjuangkan sejak tahun 2016 lalu. Namun terjadi banyak kendala dalam hal keuangan daerah (keterbatasan dana APBD Kabupaten Sikka). Sehingga baru terealisasi tahun 2018 ini. Lebih dari itu untuk bisa mengoperasikan alat super canggih ini perlu kesiapan tenaga teknis yang professional,”jelas Clara saat acara Sosialisasi dan FGD Pemanfaatan Hiperbarik Chamber, di Kantor RS TC Hillers Maumere di bilangan Jl Wairklau Kelurahan Kota Uneng Maumere, Rabu, 17 Oktober 2018.

Manfaat alat terapi OHB ini di bidang kedokteran, jelas Clara, adalah cara pengobatan dimana peserta terapi bernafas dengan menghirup oksigen murni (100 %) di dalam ruang udara bertekanan tinggi lebih dari 1 (satu) atmosfir absolute. OHB merupakan alat terapi utama pada penyakit penyelaman dan terapi tambahan pada berbagai penyakit klinis.

Oksigen sangat diperlukanoleh makluk hidup agar seluruh organ tubuhnya apat berfungsi normal dan tetap sehat. Jaringan tubuh membutuhkan pasokan oksigen yang cukup untuk dapat berfungsi dengan baik. Ketika jaringan tubuh terluka akan lebih banyak membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup.

Dengan adanya peningkatan oksigen dalam darah, tambah Clara, akan mengembalikan tingkat normal gas dalam darah  dan fungsi jaringan untuk mempercepat penyembuhan dan melawan infeksi.

Terkait pemanfaatan alat super canggih ini, kata Clara, sebelumnya pihak manajemen rumah sakit telah menyiapkan 2 (dua) orang tenaga ahli yang rofesional dan 2 (dua) orang Instruktur atau pemandu, masing-masing dokter spesialis saraf dan dokter spesialis elektromedis.

“Sebelum dimanfaatkan alat terapi ini perlu disosialisasikan secara intens ke masyarakat terutama kepada praktisi pariwisata terutama bagian pemandu wisata bawah laut (penyelam/diving dan snorking/peselancar) manakala terjadi kecelakaan. Ini juga sebagai bentuk dukung pihak rumah sakit terhadap program kepariwisataan di Kabupaten Sikka,”tandasnya.

Sementara Ketua Badan Promoso Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Sikka, Heribertus Ajo mengatakan dengan adanya alat terapi super canggih ini memberikan kabar kepada dunia di Maumere selain pelabuhan Bajo Flores NTT sudah ada alat Chamber untuk terapi OHB bagi para wisatawan penyelam.

“Terima kasih atas perjuangan pihak manajemen rumah sakit TC Hillers Maumere. Yang sudah dengan susah payah mendatangkan peralatan super canggih ini terutama dalam mendukung program kerja kepariwisataan di Kabupaten Sikka. Dengan adanya peralatan ini kami berharap para wisatawan jangan ragu dan bimbang datang ke Kabupaten Sikka untuk menikmati keindahan bawah laut di Teluk Maumere,”ungkap Ajo. +++ amor/cnc

Reporter : Armando WS/CNC

Editor : marthen radja

Gambar : Peragaan alat Terapi OHB di Gedung Rumah Sakit Dr. T.C Hillers Maumere, Rabu 17 Oktober 2018.

Foto : Doc. CNC/Armando WS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *