Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

OHB Alat TERAPI Bagi Wisatawan PENYELAM

CitraNews

Penantian yang panjang akan peralatan canggih oleh Rumah Sakit Dr.T.C Hillers Maumere, kini terjawab sudah. Alat terapi Oksigen Hiperbarik (OHB) yang dipesan sejak tahun 2016 baru direalisasikan pada tahun 2018. Sudah pasti karena keterbatasan dana APBD, bukan?

Maumere, citra-news.com – DIREKTUR Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Dr.T.C Hillers Maumere, dr. Clara Yosefina Francis, MPH mengatakan, Rumah Sakit Umum daerah saat ini telah memiliki alat terapi chamber Oksigen Hiperbarik (OHB).

“Alat ini telah diperjuangkan sejak tahun 2016 lalu. Namun terjadi banyak kendala dalam hal keuangan daerah (keterbatasan dana APBD Kabupaten Sikka). Sehingga baru terealisasi tahun 2018 ini. Lebih dari itu untuk bisa mengoperasikan alat super canggih ini perlu kesiapan tenaga teknis yang professional,”jelas Clara saat acara Sosialisasi dan FGD Pemanfaatan Hiperbarik Chamber, di Kantor RS TC Hillers Maumere di bilangan Jl Wairklau Kelurahan Kota Uneng Maumere, Rabu, 17 Oktober 2018.

Baca Juga :  RSUD S.K LERIK Diminta MERUBAH Manajemen PELAYANAN
Baca Juga :  TAMAN DEDARI, Resto KELOR Pertama di INDONESIA

Manfaat alat terapi OHB ini di bidang kedokteran, jelas Clara, adalah cara pengobatan dimana peserta terapi bernafas dengan menghirup oksigen murni (100 %) di dalam ruang udara bertekanan tinggi lebih dari 1 (satu) atmosfir absolute. OHB merupakan alat terapi utama pada penyakit penyelaman dan terapi tambahan pada berbagai penyakit klinis.

Baca Juga :  Bunda JULIE Laiskodat dan PEMKOT Kupang Hadirkan PMT Berbahan KELOR

Oksigen sangat diperlukanoleh makluk hidup agar seluruh organ tubuhnya apat berfungsi normal dan tetap sehat. Jaringan tubuh membutuhkan pasokan oksigen yang cukup untuk dapat berfungsi dengan baik. Ketika jaringan tubuh terluka akan lebih banyak membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup.