Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini
Polkam  

Cara Ampuh Agar PMI Tidak Mati Sia-sia

CitraNews

“Skema program pendidikan dan pelatihan yang saya buat ini baik bagi  calon PMI non procedural maupun yang procedural. Bagi calon PMI yang non procedural dengan asumsi untuk menekan angka kematian atau perlakuan yang tidak manusiawi dari sang majikan di negara penampung tenaga kerja. Sementara untuk skema yang pemberangkatan dengan cara procedural yaitu para calon PMI diuji terlebih dahulu kompetensinya sebelum ditempatkan di negara tujuan,”jelas Soba.

Baca Juga :  KABUR TIGA Kasus Besar APR TTS Gelar Aksi Demonstrasi

Dalam mendukung skema program dimaksud, lanjut dia, diperlukan sarana prasarana (Sarpras) dan fasilitas pendukung guna menjawabi tantangan yang ada. Karena tantangan bagi PMI asal NTT adalah ketrampilan (skill) yang umumnya belum memadai.  Karena pengalaman terdahulu bahwa TKI/TKW asal NTT diperlakukan secara tidak manusiawi di Malaysia lantaran tidak memiliki skill sesuai harapan majikan.

Terkait Sarpras dan fasilitas pendukung, Sona mengakui di Provinsi NTT masih kurang Balai Latihan Kerja Luar Negeri  (BLKLN). Baru ada 2 BLKLN milik APJATI (Asosiasi Pengerah Jasa Tenaga Kerja Indonesia). Itupun semua kejuruan belum terakreditasi. Baru satu yang sudah terakreditasi yakni jurusan Asisten Rumah Tangga.

Baca Juga :  Petani JANGAN Panik Hadapi MUSIM Tanam, B PUNG PETANI Bank NTT Beri SOLUSI

Sementara Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) yang sudah dibangun ada 3 (tiga) unit masing-masing LTSA Maumere yang mencakup wilayah kabupaten sedaratan Flores, Lembata, dan kepulauan sekitarnya. LTSA Sumba untuk 4 kabupaten sedaratan Sumba. Dan LTSA Kupang untuk wilayah Timor Barat, Alor, Sabu Raijua, dan Kabupaten Rote Ndao.

Baca Juga :  PERAMBAH Hutan Cendana ‘Diusir Keluar’ Kawasan

Meskipun sudah memiliki gedung LTSA, kata dia,  namun bisa bisaadifungsikan karena faslitsa untuk kemigrasiannya belum ada. Musah-mudahan dengan kunjunga Tim Pengawas (Timwas) Komisi IX DPR RI beberapa waktu lalu bisa menjawabi keluhan kita.