Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Ari Wijana Persilahkan Pemilik BAKSO Melapor Polisi

CitraNews

“Itu lho yang lakukan test awal itu Rini. Tapi nggak  tahu itu siapa yang sebarkan itu informasi bahwa Bakso 99 dan Istana Bakso positif mengandung formalin. Orang yang viralkan ini yang masih kita cari. Tapi Rini ini adalah staf sanitarian di Puskesmas Bakunase,”tegasnya berulang.

Hasil Test Balai POM Negatif Formalin

Menjawab wartawan akan sanksi terhadap pihak Puskesmas Bakunase, dr. Ari tidak mengatakan  bentuk sanksi yang diberikannya. Namun ia membelokkan isi pertanyaan wartawan dengan mengatakan, Rini seorang Sanitarian yang adalah fungsional. Kalau fungsional tentunya ada ikatan profesi. Iya etika profesi harus dijunjung tinggi dengan harus melaksanakan tugas-tugas secara professional.

Baca Juga :  OHB Alat TERAPI Bagi Wisatawan PENYELAM

“Makanya tadi pagi sebelum kesini (BPOM) pak Wakil Walikota dalam forum rapat mengingatkan tidak saja Puskesmas Bakunase. Tapi semua puskesmas yang ada di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Kupang. Bahwa iya sesama kita tidak salahnya kita minta maaf. Terutama minta maaf ke pemilik bakso yang sudah tercoreng nama baiknya itu,”kutip dr. Ari.

Dia menambahkan, pihak pemilik bakso yang diviralkan bahwa makanan bakso tersebut positif mengandung formalin dipersilahkan menempuh jalur hukum. “Jika merasa telah dicemarkan nama baiknya melalui Sosmed, iya silahkan melapor polisi. Ini adalah hak setiap warga negara. Karena seperti dikatakan  kepala Balai POM Kupang bahwa setelah dilakukan uji lab Balai POM, hasilnya negative. Jadi Baso 99 dan Istana Bakso dikatakan mengandung formalin itu TIDAK Benar. Nah itu artinya haru dilakukan pemulihan nama baik,”tandasnya.

Baca Juga :  Mudik NYAMAN Bersama BPJS KESEHATAN

Sementara Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPM) Kupang, Drs. Sem Lapik, Apt, M.Sc. menambahkan, dalam melakukan pemeriksaan atau uji lab (test) ada beberapa tahapan. Ada test yang disebut premilnary test atau test awal dan hasilnya langsung diketahui.

Baca Juga :  RSU Pusat Segera Dibangun di KUPANG

“Ini test awal ini yang mungkin dilakukan pihak Pukesmas Bakunase terhadap sample bahan makanan bakso dari Bakso 99 dan Istana Bakso. Bahwa hasil uji lab di Puskesmas Bakunase menyatakan POSITIF mengandung bahan formalin. Tidak bisa dilakukan seperti ini sebelum dilakukan yang namanya Konfirmasi Test untuk mengetahui validitas hasil. Jadi hasil premilinary test masih bersifat internal. Sehingga tidak layak menyatakan ke public kalau bahan makanan bakso tersebut positif mengandung formalin,”jelas Lapik.