Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini
Sosbud  

UNBK di SMAN 1 Kupang Pinjam 240 Unit Komputer

CitraNews

Terkait dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) jelas Marianus, sesuai dengan Juknis (petunjuk teknis) dana BOS antara lain juga menjadi salah satu item pengadaan prasarana komputer. Akan tetapi sudah diatur baik sekolah kecil maupun sekolah besar sama jumlahnya. Yaitu setiap sekolah mendapat porsi  5 unit komputer.

Iya bagi sekolah kecil yang jumlah siswanya tidak seberapa melihat pengadaan 5 unit komputer itu sudah luar biasa. Tetapi bagi SMAN 1 Kupang dengan jumlah siswanya hampir seribu orang ini maka pengadaan 5 unit komputer itu tidak ada artinya, ucap dia.

“Memang yang lebih membutuhkan komputer adalah siswa kelas XII. Akan tetapi itu sangat tidak cukup. Kalau cuma 5 unit dalam setahun itu berarti 10 tahun baru terkumpul 50 unit komputer. Sementara kebutuhan siswa setiap tahunnya saja sudah melebihi dari kuota.Oleh karena itu perlu ada upaya-upaya lain harus dilakukan,”tandasnya.

Baca Juga :  BEDA Sebelumnya, SAFIRAH : Tatib Ujian Akhir 2020 Sesuai POS
Baca Juga :  WARGA Kota Kupang JANGAN Kwatir HARGA dan KEBUTUHAN Pokok AMAN

Menjawab wartawan jumlah peserta UNBK, Marianus mengatakan, ke depan akan terjadi penurunan. Ini terjadi bukan karena tidak ada lagi minat orangtua untuk mendaftarkan anaknya di SMAN 1 Kupang. Akan tetapi dibatasi oleh regulasi. Dimana sesuai dengan edaran  Kemendiknas untuk system PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), per sekolah hanya 12 Rombel (Rombongan Belajar).

“Jika kita membandingkan UNBK tahun 2018 dan tahun 2019 disitu sudah jelas jumlah siswa UNBK menurun. Siswa SMAN 1 Kupang yang mengikuti UNBK tahun 2018 berjumlah 740-an siswa. Sedangkan tahun 2019 jumlah siswa UNBK menurun menjadi  692 orang. Dan penurunan jumlah siswa akan terus terjadi karena system PPDB,” tandasnya. +++ marthen/citra-news.com

Baca Juga :  GEBYAR Bulan Keluarga TUMBUHKAN Semangat SOLIDARITAS

Gambar : Drs. Rato Marianus saat diwawancarai di ruang kerjanya Gedung SMAN 1 Kupang di bilangan Jl. Cak Doko Kota Kupang, Jumat 5 April 2019

Foto : Doc. CNC/marthen radja