Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Bangun PARIWISATA Harus INTEGRASI dan LINTAS Sektor

CitraNews

“Dalam membangun pariwisata maka hal penting adalah integrasi dan kolaborasi lintas sektor. Karena pariwisata itu menyentuh semua aspek kehidupan manusia. Saya mau kita mulai dari teman-teman di Pemprov dan Pimpinan di daerah untuk mengadopsi pemikiran ini sehingga bisa bekerja menumbuhkembangkan pariwisata,”kata Gubernur Viktor.

Terkait kepariwisataan, Gubernur Viktor mengakui dirinya juga belajar dan pernah membuat sebuah penelitian tentang pariwisata. Saya (Gubernur Viktor, red) pernah belajar dan membiuat penelitian di Desa Waturaka di bawah kaki Gunung Kelimutu Kabupaten Ende Flores. Masyarakat desa didampingi oleh beberapa NGO dan mereka mampu mentransformasi pertanian konvensional menjadi pertanian pariwisata. Sehingga mereka bertumbuh luar biasa. Ini merupakan contoh bagi kita dalam mengembangkan pariwisata.

Pada kesempatan yang sama, Tenaga Ahli Kementerian Pariwisata Bidang Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan, Valerina Daniel, menjelaskan pentingnya pariwisata berkelanjutan bagi manusia.

Baca Juga :  Bangun Bendungan Perluas Areal Sawah Baru
Baca Juga :  Ternyata, Mesin INSINIRATOR Sedang Proses Tender

“Pariwisata selama ini hanya memikirkan bagaimana mendatangkan pengunjung yang banyak tanpa memperhatikan adanya sampah atau dampak lingkungan lainnya,”tuturnya.

Baca Juga :  MERENDAHKAN Hak DPR Dibalik PERGESERAN Siluman APBD

Dikatakan Valerina, PBB pada tahun 2015 mengeluarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals yang disingkat SDG. Kita mengadopsi 3 poin dari 17 poin disana yaitu pertama, Menciptakan pembangunan yang inklusif untuk menyediakan pekerjaan bagi masyarakat lokal yang dimaksudkan adalah masyarakat lokal juga merasakan manfaat bukan hanya pengunjung.