Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Gubernur VIKTOR Luncurkan SOPHIA Minuman Berakohol NTT

CitraNews
?????????????????????????????????????????????????????????

Gubernur NTT, VIKTOR Bungtilu Laiskodat menyerahkan secara simbolis alkohol tradisional khas NTT kepada salah satu peserta program pendidikan vokasi pariwisata angkatan pertama Undana di Kampus Undana Kupang, Rabu 04 Juli 2019. Doc. CNC/Biro Humas dan Protokol Setda NTT.

Minuman berakohol asli NTT bermerk SOPHIA segera beredar di pasaran global. Produk berkelas dunia ini setelah melalui tahapan fermentasi nira dari jenis tanaman palma. Hampir pasti harganya tidak bisa dijangkau masyarakat ekonomi lemah.

Citra-News.Com,KUPANG – INI SOPHIA merupakan produk penelitian Iniversitas Nusa Cendana (Undana) Kupang. Dalam teori kolaboratif, hari ini lengkap ada perguruan tinggi, pemerintah, pengusaha, perbankan dan masyarakat berpartisipasi dalam membangun industri rumah tangga. Demikian kata Gubernur NTT, VIKTOR Bungtilu Laiskodat, SH, M.Si.

Baca Juga :  Peluh Anak Negeri di Nusa Tapak Terjal – NTT (Bagian 6)

Ketika melakukan peluncuran (launching) perdana SOPHIA di halaman Gedung Bio Science Undana Penfui, Kupang, Rabu 19 Juni 2019, Gubernur Viktor menjelaskan,  minuman ‘Sophia’ (Sopi Asli), merupakan minuman hasil fermentasi nira atau gula cair dari beberapa jenis palma termasuk lontar, gewang, enau dan kelapa.

Baca Juga :  UNIK, Dinas LHK TTU Bangun RUMAH Diatas POHON

“Kita ketahui bersama bahwa Sopi (moke atau arak) adalah salah satu jenis minuman tradisional beralkohol yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dari hasil fermentasi sopi asli NTT dari bahan dasar nira (gula air) jenis tanaman palma ini, kita kemas menjadi SOPHIA dan merupakan produk penelitian terbaik Universitas Nusa Cendana,”kata Viktor.

Peluncuran hari ini, lanjut dia, merupakan hasil kerjasama Undana dengan Pemerintah Provinsi untuk memproduksi SOPHIA sebagai minuman berkelas dunia asal NTT.

Baca Juga :  Melalui SALIB TUHAN Sedang MEMURNIKAN Motivasi Kemuridan KITA

“Kita perlu bersyukur, karena Undana mampu membuat penelitian. Sopi yang dulu dianggap sebagai minuman kelas bawah, hari ini bisa bersaing dengan minuman alkohol yang lain,” ungkap Viktor.

Acara peluncuran SOPHIA ini dirangkai dengan penyerahan peserta program pendidikan vokasi pariwisata angkatan pertama, kerjasama Undana, Pemerintah Provinsi NTT dan Griffith University serta penandatangan MoU antara Undana dan RRI.