Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini
Polkam  

2019 Tahun KEBANGKITAN PEREMPUAN Indonesia

Kandas di Cawagub NTT tapi EMY melejit ke kursi dewan dan bahkan ‘mengkanvaskan’ FRANS Lebu Raya (mantan Gubernur NTT) dari kursi Ketua DPD PDIP NTT. Praktisnya, kini jabatan Emy jadinya ibarat mobil double garden. Sebagai Ketua DPD PDIP NTT juga Ketua DPRD Provinsi NTT. Jabatan EMY menjadi Ketua DPRD Provinsi NTT ia dilantik di Kupang pada Jumat 04 Oktober 2019. Bersamaan dengan tiga Wakil Ketua lainnya masing-masing INCHE Sayuna (Partai Golkar), CHRIS Mboeik (Partai Nasdem), dan ALO Lady dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Emy Nomleni dan Inche Sayuna diterima dengan ritual ‘Natroni’ dan kalungi kain adat Timor di halaman gedung DPRD NTT, Kupang Jumat 04 Oktober 2019. Doc. CNC/marthen radja.

Dalam sambutan perdana usai pelantikannya menjadi Ketua DPRD Provinsi NTT, Emy Nomleni menyatakan, tahun 2019 merupakan tahun kebangkitan bagi kelompok perempuan. Betapa tidak. Menjadi sejarah perpolitikan di Provinsi NTT khususnya dan Indonesia umumnya, tahun 2019 telah bermunculan banyak figure perempuan menjadi anggota bahkan pimpinan DPR/DPRD.

Baca Juga :  Pihak GEREJA Diminta Terlibat Membangun EKONOMI Kerakyatan

”Khususnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sejarah mencatat tahun 2019 ini adalah Tahun Kebangkitan Perempuan NTT. Dimana pada lembaga legislative (DPRD Provinsi NTT) untuk pertama kalinya dipimpin perempuan. Yaitu pada posisi Ketua (Emelia Julia Nomleni) dan Wakil Ketua (Inche Sayuna),”ungkap Emy.

Baca Juga :  Doktor SAM Haning Nyatakan EMPATI Terhadap GURU di Sikka DIZOLIMI Haknya

Dikatakannya, keberhasilan ini disadari selain kerja-kerja keras personal tetapi juga upaya gencar ketrlibatan kelompok perempuan NTT yang selama ini mengadvokasi masyarakat, tentang pentingnya perempuan di ruang public. Kepemimpinan perempuan di ruang public yang telah menghadirkan perempuan untuk NTT yang adil dan setara. Karena itu kami mengucapkan terimakasih kepada gerakan perempuan NTT yang telah mempersembahkan satu perempuan di level ketua dan satu lagi di level wakil ketua serta 12 anggota perempuan di kursi DPRD Provinsi NTT.

Baca Juga :  Sekda Kota Kupang Serahkan DPA-SKPD Tahun Anggaran 2021 

“Ini adalah keberhasilan dari sejarah panjang perjuangan yang tiada hentinya agar perempaun setara dengan laki-laki di ruang publik. Duduk pada jabatan-jabatan pengambilan keputusan publik sehingga dapat merumuskan kebijakan public yang pro perempuan dan anak. Serta kelompok masyarakat rentan lainnya. Melalui kesempatan ini saya juga mengajak 12 srikandi di DPRD NTT menjadi kekuatan politik baru NTT untuk menyuarakan kepentingan mereka yang tertindas selama ini,”tuturnya mengajak.