MARCU, Cs Pupuk Kemesraan Bermitra Dengan Lintas Media

Lembaga dewan sebagai salah satu badan publik wajib memberikan informasi yang berkaitan dengan kebijakan publik.
Citra-News.Com, SOE – SESUNGGUHNYA keberadaan lembaga legislatif (DPD, DPR/DPRD) adalah memperjuangkan aspirasi yang berkaitan dengan kebutuhan rakyat. Dan bukan memperjuangkan kepentingan diri, kelompok apalagi suku.
Ketua DPRD kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), MARCU Buana Mbau mengatakan, perjuangan anggota dewan dalam menebus aspirasi rakyat ini tidak bisa diketahui publik bila tidak ada pers yang mendukungnya.. Untuk itu maka peran media masaa sangat penting guna mempublikasikan.tugas-tugas dan kewenangan lembaga dewan.
Sadar akan peran mdia massa cetak dan Online/portal berita juga media elektronik lainnya ini, lanjut Marcu, maka lembaga dewan harua menjalin kemitraan dengan media massa yang ada.
Adalah fakta bila Tiga Punggawa Pimpinan DPRD TTS yang baru dilantik Rabu 09 Oktober 2019 ini sebelum melaksankan tugas mereka menggandeng wartawan dari lintas media. Tujuannya menjalin kemitraan untuk sama-sama mengawal program dan kebijakan pembanguan yang terjadi di Bumi Cendana Kabuapten TTS.
“Kami menyadari peran media massa sangat membantu masyarakat dalam mengakses informasi,”ungkap Marcu.
Sang Ketua DPRD TTS ini menyatakan hanya melalui media massa semua informasi yang berkaitan dengan kebijakan publik, bisa trrpublikasi secara meluas. Tanpa peran media masyarakat tidak tahu soal lembaga DPRD TTS,, tegasnya.
Diketahui hari pertama setelah pelantikan pimpinan DPRD TTS, agenda pertama yang dibuat para wakil rakyat itu adalah melakukan silaturahim degan sejumlah wartawan di SoE ibukota Kabupaten Timor Tengah Selatan.
“Sebelum anggota DPRD TTS bertugas kami bertiga sudah punya komitmen untuk
bersilaturahim dengan sejumlah wartawan,”kata Marcu di gedung Dewan, SoE Kamis 10 Oktober 2019.
Momentum ini, jelas Marcu, sengaja kami ciptakan untuk semakin mempererat tali kasih kemitraan antara pers dengan lembaga DPRD di Kabupaten TTS.
“Mungkin saja momentum yang sama ini belum pernah terjadi di kemimpinan DPRD TTS periode sebelumnya. Tapi kami berinisiatif untuk mempererat hubungan kemitraaan antara antrara lembaga dewan dengan pers,” tandasnya.
Inisiasi tiga pimpinan DPRD TTS periode 2019-2024 dan berasal dari warna partai yang berbeda itu, patut diacungi jempol. Mereka adalah Marcu Buana Mbau dari Nasdem (Ketua) dan dua Wakil Ketua DPRD TTS masing-masing Relygius Usfunan dari PKB dan Yusuf Nikolas Soru (PDIP).
Bentuk Forum Wartawan
Acara silaturahim yang kebih bersifat dialogis ini membuahkan komitmen untuk saling mendukung sama lain.
Mendukung, tambah Relygius Usfunan, bukan dalam artian membatasi ruang gerak pers selaku media publikasi informasi. Tidak juga berarti melindungi kerja-kerja DPR yang dianggap masyarkat melenceng dari aturan yang sesungguhnya.
Sementara Yusuf Nikolas Soru mengatakan media massa sangat dibutuhkan untuk mewartakan semua informasi yang berkaitan dengan kepentingan masyarkat. Bahwa apa yang dillakukan pemerintah dan DPR (eksekutif dan legislatif) harus secara transparan terpantau dan terpublikasi oleh pers. Dari pers masyarkat atau rakyat bisa mengakses informasi secara meluas.
Seperti disaksikan awak citra-news.com, tiga pimpinan DPRD TTS sepakat menggandeng media massa untuk membantu mempublikasikan semua informasi yang berkaitan dengan ‘dunia kerja’ lembaga dewan..
Untuk lebih mempertegss hubungan kemitraan ini sejumlah pekerja media di Bumi Cendana membentuk Forum Wartawan Timor Tengah Selatan (FORWAN TTS).
Berkaitan dengan forum ini ketiga pimpinan DPRD TTS pun menyambut baik dan akan akan mendukungnya.
“Kami memberikan apresiasi kepada teman-teman media yang sudah berinisiatif membentuk forum ini,” kata Marcu.
Sembari mengajak agar terus memupuk kebersamaan dan saling bergandengn tangan membangun TTS agar kedepannya menjadi lebih baik lagi. Serta mampu membawa perubahan-perubahan yang berarti bagi masyarakat TTS. +++ jofan/citra-news.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.