WARGA Enam Desa LEGAH Sumber AIR Sudah DEKAT

Wakil Bupati Kupang, JERRY Manafe dan warga ujicoba minum langsung air dari sumur bor program WMI. Doc. CNC/humas setkabkpg.

Kemarau panjang membuat warga masyarakat harus tunggang langgang mencari air. Banyak desa di Kabupaten Kupang, Timor NTT menderita karena ketiadaan air. Tanaman padi di beberapa areal sawah milik warga jadi puso (gagal panen). Lalu apa upaya Pemkab Kupang?

Citra-News.Com, OELAMASI – WAKIL BUPATI Kupang, JERRY Manafe menyatakan kebanggaannya atas program Waha Mitra Indonesia (WMI) menyediakan fasilitas air bersih dan kesehatan bagi warga masyakat di Kabupaten Kupang.

“Saya atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kupang mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas kepedulian WMI di Kabupaten Kupang. Khususnya dalam menyediakan fasilitas bagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih. Adanya fasilitas air bersih ini sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air minum dan kebutuhan rumah tangga lainnya hingga kegiatan pertanian,”ungkap Jerry.

Wabup Jerry mengatakan hal itu saat meresmikan program air bersih dan kesehatan, bantuan WMI bagi warga Desa Oelnasi Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang, Timor Provinsi NTT, Kamis 10 Oktober 2019.

Dengan adanya program bantuan bagi warga Desa Oelnasi ini, kata Jerry, berarti sudah ada 6 (enam) desa di Kabupaten Kupang yang mendapatkan program yang sama. Selain Desa Oelnasi juga Desa Oemofa, Desa Bone, Desa Oefafi, Dea Nitneo, dan Desa Tesabela.

Wabup Jerry berharap, warga masyarakat yang terintervensi program ini dapat memanfaatkan secara maksimal fasilitas air bersih yang ada dan merawatnya. Agar dapat berhasilguna bagi seluruh masyarakat di desa Oelnasi.

Wakil Bupati Kupang, JERRY Manafe lakukan toss ujicoba minum langsung air dari sumur bor program WMI. Doc. CNC/humas setkabkpg.

Sembari mengingatkan masyarakat untuk menjaga dan merawat lingkungan secara baik demi lestarinya lingkungan di desa. Salah satu sumber air yang baik jelasnya memiliki lingkungan yang asri dan pepohonan yang tetap terjaga.

“Saya minta masyarakat jangan memotong sembarangan pepohonan yang ada. Apalagi pepohonan yang tumbuh di sekitar mata air,”pesan Jerry.

Ketua DPC Partai Golkar Kabupaten Kupang ini menyatakan program yang luar biasa baik dari WMI ini diharapkan terus berlanjut. Program ini sekaligus juga menjadi berkat bagi warga masyarakat yang menderita kesulitas air bersih untuk konsumsi.

Pada kesempatan yang sama Pimpinan WMI Pusat, Surya Sentosa Subekti mengatakan, program air bersih dan kesehatan (sanitasi) ini dilaksanakan dalam rangka membantu masyarakat yang kesulitan air.

Melayani 133 Kepala Keluarga

Fasilitas dan prasarana yang disiapkan bagi warga Desa Oelnasi, sebut Surya, ada 11 (sebelas) titik hidran umum  (HU) yang disebar di masyarakat. Dengan mengambil jarak jangkauan pelayanan seluas 3,2 kilometer atau melayani sebanyak 133 kepala keluarga (KK).

“Dengan tersediannya fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup sehat bagi warga desa Oelnasi. Kelebihan program ini yakni air bersih langsung diminum oleh warga karena sudah disterilkan,”kata Surya seperti dikutip Humas dan Protokol Setkab Kupang.

Wakil Bupati Kupang, JERRY Manafe pose bersama usai meresmikan program WMI di Desa Oelnasi Kabupaten Kupang NTT, Kamis 10 Oktober 2019. Doc. CNC/humas setkabkpg.

Untuk pengawasan dan pengelolaannya, tambah Surya, dilakukan pendampingan selama dua tahun. Setelahnya akan dikelola oleh Komite Kerja Desa Oelnasi.

Terhadap program pro rakyat ini MERRY Tanabet warga Dusun 2 Desa Oelnasi menyatakan rasa syukur dan berterima kasih kepada WMI atas dukungan program air bersih di desanya.

“Sebelum ada program WMI ini saya harus berjalan cukup jauh untuk mendapatkan air bersih. Tapi adanya program ini sangat membantu warga masyarakat karena memliki 11 titik HU dan jaraknya sangat dekat dengan rumah. Terima kasih WMI kiranya terus berkarya dan menjadi berkat bagi masyarakat lainnya,”ucap Merry. +++ citra-news.com/setkabkpg.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *