OPD Diminta Optimalisasikan TAMAN WISATA Jadi Arena Multifungsi

Bupati Epy  (tengah) saat berada di kawasan Taman Wisata Bu’at TTS. Doc. CNC/jor tefa-Citra-News

Taman Wisata bukan saja menjadi arena rekreasi. Untuk peningkatan PAD taman wisata juga dapat digunakan untuk menggelar pertemuan-pertemuan antar intansi atau kegiatan apel bersama. Namun tetap dijaga kelestariannya sehingga menarik minat wisatawan.

Citra-News.Com, SOE – SALAH SATU cara untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) adalah mengoptimalisasikan taman wisata yang ada. Selain taman wisata sebagai arena rekreasi juga bisa berfungsi ganda (multifungsi). Diantaranya menjadi arena pertemuan-pertemuan atau rapat lintas instansi dan upacara apel bersama.

Bupati Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), EGUSEM Pieter (EPY) Tahun, ST, MM mengingatkan semua OPD (organisasi perangkat daerah) agar mendayagunakan taman wisata menjadi arena multifungsi.

“Ke depan jika ada pertemuan atau upacara (apel bersama, red) diselenggarakan di Taman Wisata yang ada di Kabupaten TTS). Semua OPD diharapkan membiasakan diri untuk menyelenggarakan rapat atau pertemuan di taman wisata. Kepala Dinas Pariwisata harusnya menangkap peluang ini sebagai salah satu sumber pendapatan daerah dalam kerangka peningkatan PAD,”ungkap Bupati Epy.

Para pelajar menyanyikan lagu Hymne Guru pada apel peringatan Hari Guru Nasional, di kawasan Taman Wisata Bu’at TTS. Doc. CNC/jor tefa-Citra-News

Hal itu dikatakan Bupati Epy ketika memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional, di Taman Wisata  BU’AT Desa Noinbila Kecamatan Mollo Selatan-TTS, Senin 15 November 2019.

Lokasi taman wisata harus dioptimalkan pemanfaatannya. Ia tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk berekreasi. Tapi juga bisa difungsikan sebagai tempat pertemuan atau upacara. Itu berarti juga memberikan edukasi bagi khalayak agar taman wisata dijaga, dipelihara, dan dimanfaatkan sesuai peruntukannya.

“Tolong para pengunjung yang berkunjung ke obyek wisata, jangan melakukan hal-hal yang merusak moral dan etika. Tapi berkunjunglah dan nikmatilah suasana di lokasi wisata dengan penuh cinta dan tanggung jawab,”pinta Bupati Epy.

Dia menambahkan tujuan diadakan kegiatan produktif di setiap lokasi taman wisata adalah mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut memelihara lingkungan hidup di sekitar area wisata. Sekaligus memperkenalkan dan mengajak wisatawan domestic (wisdom) dan wisatawan mancanegara (Wisman) lebih banyak datang ke semua taman wisata yang ada di Kabupaten TTS. Lebih dari itu  adalah untuk menambah PAD. Karena semakin banyak wisatawan yang datang berkunjung ke taman wisata akan semakin meningkatkan sumber pendapatan bagi daerah. Dan pada gilirannya untuk membiayai pembangunan. +++ jofan/citra-news.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *