Jadikan SEKOLAH Area Belajar Yang MENYENANGKAN

Drs. BENYAMIN Lola, M.Pd pose bersama para guru SMKN Polen Kabupaten TTS Provinsi NTT, Selasa 21 Januari 2020. Doc.CNC/jor tefa-Citra News.

Kelengkapan Sarpras di SMK yang sesuai dengan tuntutan jaman akan menghasilkan output siswa yang memiliki ketrampilan yang mumpuni dan mampu berdaya saing.

Citra-News.Com, SOE – KEPALA DINAS Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Drs. BENYAMIN Lola,M.Pd bersama Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum dan Kasi Sarana Prasarana (Sarpras) melakukan safari (kunjungan kerja) jelang Ujian Nasional (UN) tahun 2019/2020.

Sekolah yang pertama dikunjungi pada Selasa 21 Januari 2020 adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Polen di Kecamatan Polen Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Provinsi NTT. Apa pesan dan kesan dari ‘blusukan’ Kadis Benyamin ke kampung ini?

“Saya bersama kepala seksi (Kasi) Kurikulum dan Kasi Sarana dan Prasarana (Sarpras) menyempatkan diri hadir di sekolah ini guna melihat dari dekat kondisi sekolah ini. Sekaligus memberikan motivasi dan spirit bagi semua penghuni lembaga ini,”ungkap Benyamin.

Motivasi yang dimaksudkan, jelas Benyamin, adalah agar sekolah iniklihatan bahwa ini benar-benar sekolah. Bukan tempat yang dianggap biasa-biasa saja oleh pihak lain. Jadi hendaknya penghuni lembaga ini membenahi sekolah ini menjadi area belajar yang menyenangkan.

“Jadikan sekolah area yang menyenangkan. Sehingga meskipun sekolah letaknya di kampung atau di desa tapi dapat menghasilkan output (siswa lulusan) yang mampu berdaya saing dengan sekolah yang lainnya. Itulah dikatakan sekolah bermutu. Jadi bukan harus sekolah di kota dikatakan bermutu,”demikian Benyamin memberi motivasi.

Mantan Penjabat Bupati Alor ini menuturkan, out put SMK yang mampu berdaya saing itu selain menguasai bidangnya tapi juga mampu berkreasi dan berinovasi. Karena yang terjadi walaupun SMK tapi setelah tamat yang dikerjakan bukan bidang yang dipelajari di sekolah tersebut. Bisa saja anak yang bersangkutan diterima pada bidang lainnya.

Drs. BENYAMIN Lola, M.Pd  melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke setiap ruangan sebelum rapat bersama para guru SMKN Polen, Kabupaten TTS Provinsi NTT, Selasa 21 Januari 2020. Doc.CNC/jor tefa-Citra News.

Pada kesempatan tersebut Kadis Benyamin bersama Kasi Kurikulum dan Kasi Sarpras, memantau seluruh ruangan yang ada di SMKN Polen. Tim safari ini lebih lama berada di ruang laboratorium dan ruang praktek siswa. Bisa ditebak alasannya, yakni untuk memastikan apakah semua peralatan sesuai dengan tuntutan kebutuhan. Karena dari kelengkapan Sarpras akan menciptakan siswa memiliki skill yang mumpuni dan mampu berdaya saing.

Kadis Benyamin Punya Naluri Kepekaan dan Jiwa Kebapaan yang Tinggi

Kepala SMKN Polen, YOHANIS Tafaib menyatakan kebanggaannya atas kunjungan Kadis  PK Provinsi NTT, Benyamin Lola ke sekolah asuhannya.

“Kami semua berbangga atas kunjungan Bapak Kadis Benyamin  ke SMKN Polen. Bagi kami hari ini sesuatu hal yang luar biasa terjadi. Ini merupkana motivasi yang luar biasa bagi sekolah ini. Bapak Kadis memiliki naluri kepekaan yang tinggi pada kondisi sekolah kami. Sehingga hari ini bisa mengunjungi kami,”ucap Tafaib.

Portal Berita Citra-News.Com juga mengutip hal senada dengan Tafaib. SAMI Liunokas mengatakan, kunjungan Kadis Benyamin Lola dan stafnya memberikan motivasi sekaligus harapan baru bagi SMKN Polen. Walaupun SMKN Polen berada di kampung tapi Pemerintah Provinsi NTT menaruh perhatian yang besar terhadap sekolah hingga ke pelosok desa.

“Hari ini saya baru pertama kali bertemu langsung dengan seorang kepala dinas (Kadis). Saya merasakan langsung saat berjabatan tangan kalau bapak Kadis (Benyamin Lola, red) memiliki jiwa kebapaan yang tinggi,”ucap guru PJOK itu.

Menukik pertanyaan awak media ini perihal jiwa kebapaan Kadis Benyamin, Liunokas menuturkan, Kadis Benyamin berbeda dengan pejabat yang sebelumnya. Atau pejabat lain yang pernah ia temui. Kadis Benyamin caranya berbicara dengan kami guru SMKN Polen tidak kasar. Ia berbicara dengan nada lemah lembut dan penuh persahabatan. Dengan kata-katanya yang bersahaja ini membuat kami guru di SMKN Polen termotivasi. Dan tentunya memacu semangat kerja kami, ucap Liunokas. +++ jor/citra-news.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *