Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Output SMK Dituntut Sertifikat Kompetensi BUKAN Ijazah

“Karena di Provinsi NTT ini SMKN 1 Kupang satu-satunya sekolah yang memiliki Sertifikasi Ujian Berbasis Skema LSP (Lembaga Sertifikasi Pendidikan) maka tenaga assesor dari SMKN 1 Kupang turun ke setiap sekolah jejaring untuk melaksanakan Ujian Nasional yang namanya UKK itu. Bukan saja UNBK tapi UKK itu juga ujian nasional dimana untuk SMK pelaksanaannya pada tanggal 1 April sampai dengan 2 Mei 2020, ”beber Mat dan juga diamini Wakil keopala Sekolah (Wakasek) Bidang Kurikulum, Drs. ONDUK Fabianus.

Baca Juga :  Tahun 2021 UN Berubah POLA Pelaksanaannya

UKK Adalah Juga UN Menghasilkan Sertifikat Kompetensi

Lagi-lagi ditegaskan Mat bahwa UKK adalah bagian UN yang sangat penting dan mutlak bagi SMK. Tapi hasil UKK siswa belum dikatakan lulus meskipun secara angka akademik ada dalam ijazah. Karena yang dituntut  saat output melamar pekerjaan adalah Sertifikat Kompetensi bukan  ijazah.

Baca Juga :  RSUD S.K LERIK Menuju Rumah Sakit MODEL

Menjawab SMK Jejaring di Provinsi NTT, Onduk senada dengan Mat mengatakan kondisi sampai dengan pelaksanaan UKK 2020 baru ada beberapa sekolah saja. Diantaranya, SMK Swasta Lendang di Kabupaten Rote Ndao. “Kabupaten Rote Ndao meskipun kabupaten baru tapi pihak pertama masuk jejaring. Padahal kabupaten lain selain Kota Kupang adalah kabupaten yang sudah lama otonomi,”tegas Mat.

Baca Juga :  Gegara FGD Soal EBT Kadis PK NTT dan Direktur Politeknik Undana SEPAKAT Berkantor di SMKN 3 Kupang

Fakta SMKN 1 Kupang BISA dengan menunjukkan Sertifikat Kompetensi dari BNSP, Mathias pose bersama para guru mengenang SMK penggagas UNBK yang siap berakhir di 2020 dan berubah pola ke Assesment Kompetensi di 2021. Doc.CNC/marthen radja-Citra-News.