Wabup JERRY Terharu Tapi BANGGA Dengan Gubernur VIKTOR

JERRY Manafe, Wakil Bupati Kabupaten Kupang.  Doc.marthen radja/citra-news.com

Tugas pemerintah adalah memajukan kesejahteraan umum sesuai cita-cita bangsa.  Mewujudkan tugas ini pemerintah mengajak masyarakat untuk bersama-sama bekerja keras membangun daerah.

Citra News.Com, KUPANG – GUBERNUR Provinsi Nusa Tenggara Timur, VIKTOR Bungtilu Laiskodat sangat sering melakukan kunjungan kerja ke desa-desa, khususnya di wilayah Kabupaten Kupang.

“Saya berpikir dan bertanya-tanya dalam hati saya kenapa bapak Gubernur kita ini begitu mencintai Kabupaten Kupang. Saya terharu tapi sekaligus bangga dengan bapak Gubernur. Karena hampir dua tiga kali dalam sebulan beliau datang ke tengah masyarakat di desa-desa di Kabupaten Kupang. Ini tentunya memberikan motivasi dan mengajak kita sekalian untuk terus bekerja keras,”demikian Wabup Jerry ketika memberikan sambutan pada HUT ke-9 SMPN 6 Nekamese, Desa Oelomin Kecamatan Nekamese Kabupaten Kupang, Sabtu 15 Agustus 2020.

Untuk mencapai kehidupan yang lebih baik, lebih maju, dan lebih sejahtra, tegas Wabup Jerry, bukan perkara gampang. Karena itu pemerintah terus mendorong dan mengingatkan masyarakat agar terus bekerja keras membangun daerah.

“Sebagai pemerintah di Kabupaten Kupang saya bangga. Sudah tentu bapak Gubernur Viktor Laiskodat mau mempertegas apa yang menjadi komitmen kami dalam program kerja pemerintah Kabupaten Kupang. Karena sejak kami terpilih jadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kupang dengan Paket KOMITMEN, kami punya  program kerja, namanya REVOLUSI LIMA P. Yaitu Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perikanan, dan Pariwisata,”kata Jerry.

Dari program ‘Lima P’ ini, lanjut dia, Tiga P-nya menjadi program unggulan pemerintah Provinsi NTT. Yaitu Pertanian, Peternakan, dan Pariwisata. Untuk lahan pertanian bapak Gubernur Viktor Laiskodat berharap agar terus mengoptimalisasinya dengan memperluas lahan tidur menjadi lahan pertanian produktif. Untuk peningkatan kuantitas dan kualitas hasil produksi diperlukan intervensi pemerintah berupa sarana prasarana. Pemerintah akan membantu masyarakat berupa hand traktor, benih, dan pupuk. Jika kesulitan air maka pemerintah membantu pengadaan sumur bor. Atau membangun bendungan, cekdam atau jebakan air agar air hujan agar tidak buang percuma ke laut.

“Mana itu Camat Nekamese, coba berdiri. Di Kecamatan Nekamese ada 11 desa, ya. Tapi saya mau tahu berapa kepala desa yang hadir disini.  Mana-mana kepala desa yang ada coba berdiri. Hanya ada 6 kepala desa (Kades) saja. Yang lainnya dimana, pak camat. O iya mana itu kepala desa Oelomin.”ujarnya menelisik.

Camat Nekamese, M Dethan dan elemen masyarakat yang hadir pun sontak menjawab, Kades Oelomin berhalangan hadir lantaran sakit karena kecelakaan.

Kepala SMPN 6 Nekamese, YULIANTI Pulungtana (kanan) pose bersama Gubernur NTT, VIKTOR Bungtilu Laiskodat, Wabup JERRY Manafe, Kadis PK Provinsi NTT dan Kabupaten Kupang  pada HUT ke-9 SMPN 6 Nekamese Desa Oelomin Kecamatan Nekamese kabupaten Kupang Provinsi NTT, Sabtu 15 Agustus 2020. Doc. marthen radja/citra-news.com

Saya hanya mau katakan, sambung Jerry, agar camat dan para kepala desa harus data riil luasan lahan pertanian di setiap wilayah kecamatan. Karena pak Gubernur kita ini punya program ‘Tanam Jagung Panen Sapi’. Untuk itu masyarakat harus kerja keras dengan memperluas lahan garapan serta meningkatkan hasil pertanian.

Jika tahun ini buka lahan 1 hektar maka tahun depan harus meningkat menjadi 5 hektar,sambung dia. Kalau kesulitan air, pemerintah akan bantu sumur bor atau pompa dimana ada centra pertanian. Tapi saya lihat petani kita hanya buka lahan paling tinggi 500 meter persegi. Kemudian lahan juga tidak diolah secara baik. Hanya tebang bakar dan tanam. Kalau begini terus kapan pertanian kita bisa maju.

“Revolusi di bidang pertanian salah satunya adalah merubah pola pertanian. Harus beani meninggalkan pola lama dengan tebang bakar tanam. Hasil pertanian akan bertambah kalau lahan pertanian diperluas. Lahan harus diolah secara baik menggunakan peralatan pertanian jika perlu,” tandasnya. +++ marthen/citra-news.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *