Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini
Sosbud  

SEKOLAH Jadi Sasaran Utama Pemajuan Kebudayaan

CitraNews

“Mana ada kepala sekolah yang hadir saat ini. Coba ibu Safirah bisa nggak dilaksanakan di sekolah anda. Dinas pendidikan harus bisa menjadikan seni budaya etnis dalam program kegiatannya. Sekolah harus bisa mengembangkannya sehingga seni budaya etnis ini terus hidup sepanjang masa. Generasi muda perlu diwariskan seni budaya tradisional. Seni budaya etnis adalah modal untuk pembangunan ekonomi. Melalui budaya NTT akan bangkit dan NTT akan sejahtera,”tegasnya berulang.

Pentas Seni Budaya Etnis Baru Pertama Kali Terjadi di NTT

Pada kesempatan terpisah, Ketua Forum Komunikasi Antar Sanggar Seni (FORKASE) Provinsi NTT, JOHNY Tedens mengatakan FORKASE adalah wadah untuk menampung aspirasi tentang seni budaya etnis.

Baca Juga :  Gubernur Viktor : IKARASI Harus Punya KONTRIBUSI Besar Bagi Pembangunan SDM

“Kita di Forkase hanyalah wadah menampung berbagai sanggar seni etnis yang ada di NTT. Malam ini ada 27 dari 29 sanggar seni  yang tampil di panggung. Dan kegiatan semacam ini baru pertama kalinya terjadi di NTT. Dari gubernur-gubernur sebelumnya belum pernah ada penampilan sanggar seni etnis seperti ini,”kata Johny.

Baca Juga :  Astaga, TUNLIU Menghindar dan TUDING Pers Provokator

Menurut mantan Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi NTT, hingga dilaksanakan pentas seni budaya etnis ini atas prakarsa dari Bunda Julie Laiskodat. Karena hemat saya, demikian Johny, Bunda Julie jauh sebelum suaminya, VIKTOR Bungtilu Laiskodat jadi Gubernur NTT, beliau sudah sering bawa sanggar seni dari berbagai etnis di tanah air tampil di luar negeri.

Apalagi saat ini sebagai isteri gubernur yang adalah putra daerah NTT sudah tentu melihat seni budaya etnis NTT yang potensial ini, pastinya menjadi ‘kerjaan’ beliau. Sehingga setelah mendengar bahwa ada wadah Forkase, beliau ajak kita bertemu dan presentasikan. Dan malam ini ada buku yang diberikan Forkase adalah buku panduan seni budaya etnis se-NTT. Buku ini lengkap dengan alamat dan nomor telepon bila ada yang minta untuk tampil (pentas) maka sanggar seni melayani jasanya. +++ marthen/citra-news.com