SMKN 5 Kupang SIAP Mewujudkan SDM UNGGUL

Dra. SAFIRAH Cornelia Abineno, Kepala SMKN 5 Kupang saat diwawancarai awak citra-news.com di ruang kerjanya, Sabtu 17 Agustus 2019. Doc.CNC/marthen radja.

Mursalim : Bung Karno, Bung Hatta, dan para perintis Kemerdekaan Negara Indonesia adalah anak-anak muda terdidik. Mereka menggunakan keterdidikannya untuk mendorong kemajuan bangsa. Kalian siswa SMKN 5 Kupang juga punya kesempatan yang sama untuk membangun bangsa.

Citra-News.Com, KUPANG – SDM UNGGUL INDONESIA MAJU,  demikian thema peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2019. Berkenaan dengan thema tersebut maka lembaga pendidikan menjadi daya dobrak penciptaan sumber daya manusia (SDM) unggul dan berdaya saing.

Kepala SMKN 5 Kupang, Dra. SAFIRAH Cornelia Abineno mengatakan, thema tersebut sangat serasi dengan salah satu misinya. Yakni menghasilkan tamatan SMK yang berkualitas, disiplin, mandiri, serta dapat menciptakan lapangan kerja sendiri, profesional dan memiliki daya juang yang tinggi terhadap tuntutan perkembangan dunia kerja.

Dra. SAFIRAH Cornelia Abineno, usai menyerahkan thropi (Piala) kepada Komli TAV di halaman SMKN 5 Kupang, Sabtu 17 Agustus 2019. Doc.CNC/marthen radja.

“Menciptakan SDM unggul, berkarakter dan berdaya saing maka Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya SMKN 5 Kupang mewujudnyatakannya melalui bidang kompetensi keahlian (Komli) masing-masing. Ini tidak jauh berbeda dengan thema HUT Kemerdekaan RI ke-74 tanggal 17Agustus 2019, yakani SDM Unggul Indonesia Maju,”ungkap Safirah usai menyerahkan thropi penghargaan kepada Komli Teknik Automotif dan Audio Visual SMKN 5 Kupang, di bilangan Jalan Nanga Jamal Naikoten 1 Kota Kupang, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo menjadikan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkelanjutan sebagai focus penggunaan anggaran negara di tahun 2020 mendatang. Ini sangat prospektif bagi sekolah kejuruan seperti SMKN 5 Kupang. Ini berarti negara hadir dalam upaya pembangunan SDM agar memiliki daya saing dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang up to date (sesuai dengan perkembangan jaman) saat ini.

Dalam menggapai SDM ungggul dan berdaya saing, jelas Safirah, diperlukan peran dan kerjasama semua stakeholder yang terkait di dalamnya. Yaitu pemerintah, masyarakat, dan orangtua. Dan secara internal peran guru adalah menerapkan system pendidikan dan pelatihan yang adaptif atau sesuai dengan bakat dan ketrampilan yang siswa miliki.

“Dalam upaya menuju SDM unggul dan berdaya saing maka kami di SMKN 5 Kupang khususnya, sudah memulainya dengan aktivitas kegiatan belajar mengajar (KBM) berbasis kompetensi. Atau dikenal dengan sebutan Kompetensi Keahlian (Komli). Artinya menerapkan bahan ajar sesuai dengan bakat dan ketrampilan yang dimiliki peserta didik,”jelas Safirah.

MURSALIM Ngala, S.Pd, (gambar kiri) jadi Inspektur Upacara 17 Agustus 2019 di SMK 5 Kupang. Doc.CNC/marthen radja.

Hal senada juga disampaikan MURSALIM Ngala, selaku Inspektur Upacara peringatan Kemeridekaan RI ke-74 di halaman SMKN 5 Kupang. Dengan memperingati HUT Kemerdekaan ini, dia berharap semoga siswa SMKN 5 Kupang lebih meningkatkan lagi jiwa patriotisme dan semangat nasionalisme kepada tanah air atau cinta tanah air. Juga lebih meningkatkan semangat untuk belajar lebih rajin lagi agar kalian semua  (para siswa) bisa menjadi generasi yang membuat negara tercinta kita ini bangga dan berjaya.

Rasa cinta tanah air dan berjiwa nasionalisme, demikian pidato Mursalim, dapat membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bagsa dan negara tanpa memandang suku, ras dan agama. Dengan adanya nasionalisme kita dapat menjalin kerukunnan antar sesame sehingga pembangunan negara ini dapat berjalan sesuai harapan bersama.

Mengisi Kemerdekaan Melalui Aktualisasi Komli

Lebih jauh Mursalim membeberkan, Bung Karno, Bung Hatta an para perintis kemerdekaan adalah anak-anak muda terdidik. Mereka menggunakan keterdidikannya untuk mendorong kemajuan bangsa. Kalian para generasi muda juga adalah generasi terdidik.

Sebagai pelajar, demikian Mursalim, kalian juga punya kesempatan yang sama dalam mengisi kemerdekaan. Bekerja keras dan mengaktualisasikan diri melalui bakat dan kamampuan yang dimiliki (kompetensi keahlian) dengan sepenuh hati  serta memanfaatkan waktu belajar kalian dengan baik.

Berita SMK sisip 6 AB : Jalin kebersamaan nan penuh akrab para guru pegawai SMKN 5 Kupang usai Upacara 17 Agustus 2019. Doc.CNC/marthen radja.

Suatu saat kalian siswa dari SMKN 5 Kupang akan bisa menjadi guru, dokter, sastrawan, budayawan, wartawan, pengusaha, dosen, musisi, hakim, politisi, gubernur, menteri, bahkan jadi presiden. Atau juga peran-peran lain yang mungkin hari ini belum terbayangkan dan bahkan belum ada dalam benak kalian.

Semuanya ini tentu bisa digapai melalui kerja keras di hari-hari ini, di bangku kelas ini, dan dari kerja tuntas di sekolah ini. Coba kalian tengok perjuangan dan perjalanan hidup bangsa ini selama 73 tahun, maka kalian akan temukan hikmahnya. Dengan bakat dan kemampuan yang kalian miliki dapat membuat sejarah baru bagi bangsa ini.

Melalui lembaga pendidikan di sekolah ini, tambah Mursalim, kalian dapat menempah kepribadian melalui ilmu pengetahuan dan teknologi terapan yang ada. Kembangkan bakat dan prestasimu untuk meraih masa depan yang lebih baik. Karena kalian adalah generasi milenial penerus bangsa. Masa depan dan hari esok kalian ditentukan melalui kenyataan hari ini. +++ marthen/citra-news.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *