Rajut Kedamaian Antarwarga ala YONIF 744 di Tapal Batas NKRI-RDTL

Komandan Resor Militer 161 Wira Sakti (Danrem 161/WS), Brigjen TNI, SAMUEL Petrus Hehakaya dan Komandan Satuan Tugas (Dansatgas0 RI-RDTL Sektor Timur, Letkol Inf. ALFAT Denny Andrian. Doc. citra-news.com/YONIF 744 RK/SYB.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) yang bertugas di perbatasan antara NKRI dan RDTL terus menerus merajut kedamaian dan kerukunan hidup antarwrga yang bermukim di wilayah tapal batas NKRI. Apa wujud rajutan tali kasih tersebut? Berikut giat sosial yang dilakukan Satgas Pamtas 744 RK/SYB di Kabupaten Belu wilayah Timor Barat Provinsi NTT-Indonesia.

Citra-News.Com, ATAMBUA – PERSONEL Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) YONIF 744 RK/SYB dalam kesehariannya melaksanakan giat sosial untuk semua aspek pembangunan. Berbaurnya  para TNI AD ini secara fisik membantu masyarakat membangun fasilitas umum dan atau fasilitas yang dibutuhkan warga. Juga secara moril turut membantu mensukseskan kegiatan seminar dan sosialisasi program kerja dari berbagai institusi vertikal maupun horisontal.

Kegiatan Penyuluhan kekerasan perempuan dan Anak serta HIV-AIDS adalah satu dari berbagai kegiatan yang dilakoni para ‘serdadu’ di beranda Indonesia atau tepatnya di wilayah Kabuaten Belu Provinsi Nusa tenggara Timur (NTT).  kegiatan tersebut dalam rangka peringatan 16-HAKTP (16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak). Dalam mana Satgas Pamtas RI-RDTL bekerjasama dengan DPPA kabupaten Belu .

Demikian disampaikan Dansatgas Yonif 744 RK/SYB, Letkol ALFAT Denny Andrian dalam rilis tertulisnya yang diterima media online/Portal Berita citra-news.com, Senin 30 November 2020.

Adapun menjadi temanya adalah, Merajut Perdamaian di Beranda Indonesia, Wujudkan Kabupaten Belu Bebas Kekerasan Perempuan dan Anak, serta STOP HIV-AIDS pada Ibu Rumah Tangga. dengan emngambil lokasi di kantor Desa Asumanu Kecamatan Reinhart kabupaten Belu, NTT-Indonesia pada Senin 30 Novemebre 2020.

Kesehatan merupakan salah satu hal terpenting bagi masyarakat, tulis Letkol Denny.  SAelain kesehatan ada hal penting yang juga diketahui bersama bahwa setiap orang memiliki hak memperoleh perlindungan hukum sebagaimana diatur dalam undang undang terutama terhadap kekerasan dalam rumah tangga.

Secara terpisah Danpos Asumanu, Lettu Inf.Ida Ketut Kemenuh mengatakan, pelaksanaan kegiatan penyuluhan tersebut disambut bauk oleh masyarakat desa Asumanu. hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan penyuluhan tersebut.

menurut Danpol Ida Ketut, ada 2 (dua) point penting yakni agar masyarakat mengetahui tentang HIV-AIDS. mengenai apa saja gejala yang muncul pada penderita, penyebab HIV AIDS, bahaya HIV AIDS, dan cara pencehagannya. Dan hal yang kedua adalah agar masyarakat mengetahui tentang adanya UU yangmengatur tentang perlindungan Perempuan dan Anak . serta mengetahui adanya isntansi yang menangani sekaligus sebagai wadah terkait persoalan tersebut.

Pada hari yang sama juga personil lainnya didampingi Dansatgas Dennny melakukan anjangsana ke tengah warga Desa Fohululik.

“Selain mendekatkan diri ke masyarakat tujuan lain dari anjangsana ini untuk mengetahui apa saja kesulitan warga di desa binaan,”ucap Letkol Denny.

Dikatakan Letkol Denny, saat berkunjung ke rumah bapak Okto (77) didapai sang warga ini tengah memperbaiki kandang kambing. Saat itu juga beberapa anggota Satgas Pamtas membantu memperbaikinya.

“Kami yang sudah tua ini sudah tidak sanggup lagi bekerja berat. Jadi saya merasa amat sangat terbantu oleh bapak-bapak TNI dari pos,”ujar Okto.

Sementara pada Selasa, 01 Desember 2020 personil Satgas Pamtas YONIF 744 Raider Khusus/SYB membantu warga petani merontokan padi. kegiatan perontokan padio menggunakan mesin perontok padi di sawah milik bapak Siprianus Ati (61). warga binaan Pos Delomil ini juga sudah berusia senja sehingga pantas harus dibantu TNI.

Letkol Denny mengatakan, bagi TNI tidaklah cukup jika melihat dari keberhasilan di bidang fisik saja. namun lebih dari wujud kebersamaan antara TNI dan masyarakat yakni dengan bahu membahu bersama-sama membangun untukpeningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Dan inilah wujud nyata dari kemanunggalan TNI dan Rakyat, tegas dia. +++ marthen/citra-news.com

Sumber : Letda Chk KADEK Dwi Muliantara, SH Pakum Satgas pamtas RI-RDTL YONIF 744 RK /SYB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *