Bunda JULIE Dorong Seni Tari NTT Masuk Nominasi Nasional

JULIE S.Laiskodat. Doc. istimewa/citra-news.com

Sofyan: Ajang Pemilihan Putra Putri Tari NTT tahun 2021 menampilkan seni tari warisan budaya dari para leluhur orang NTT. Kami yakin hasil kerja keras dari semua pihak untuk terus melestarikan seni tari NTT ini akan ‘berbuah  manis’ kala maju ke tingkat nasional.

Citra-News.Com, KUPANG – KETUA DEWAN Kerajinan Nasional daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Dekranasda Prov. NTT), JULIE Sutrisno Laiskodat terus memberikan spirit kepada 18 Finalis di ajang Pemilihan Putra Putri Tari NTT tahun 2021. Bahkan tetap mengawalnya hingga ke ajang di tingkat nasional.

Hal itu disampaikan Bunda JULIE-demikian isteri Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat ini akrab disapa- ssat open ceremony  secara virtual pembukaan seleksi pemilihan Putra Putri Tari NTT tahun 2021. Dari balik layar kaca Bunda Julie berpesan ia  punya harapan besar untuk bisa masuk nominasi di tingkat nasional.

Moris A Rihi dan pasangannya membawakan tari Caci dari Manggari Flores NTT. Doc. marthen radja/citra-news.com

“Iya Bunda Julie dalam sambutannya secara virtual menaruh harapan besar. Dari 18 finalis ini bisa masuk ke ajang pemilihan di tingkat nasional pada bulan Mei mendatang,”kata ketua Panitia Pemilihan Putra Putri Tari NTT 2021, Drs. SOFYAN Kurniawan, MM di Kupang, Sabtu 27 Maret 2021.

Menurutnya, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari tangal 26-28 Maret 2021.  Penilaiannya dilakukan pada dua tempat yakni di Hotel Sasando dan Rujab Gubernur. Materinya cukup padat mulai dari uji bakat, uji talenta, juga knowledge of the cultura dari masing-masing peserta.

Drs. SOFYAN Kurniawan, MM dan Moris Rihi. Doc. marthen radja/citra-news.com

Moris A. Rihi, peserta yang melakonkan Tari caci Manggarai mengatakan, adalah tuga generasi milenaial untuk melestarikan budaya warisan leluhur orang NTT.

“Tari caci dari Manggarai ini adalah seni tari yang menggambarkan ketangkasan seorang pria kala di medan perang. Bagi saya generasi milenial saat ini harus tahu sejarah tari yang dia lakonkan dan mampu mempraktekan melalui ajang-ajang seperti ini. Bagi saya Budaya melahirkan peradaban,”ungkap pelajar SMAN 3 Kupang ini.

Disebutkan Moris, ada visi/misi yang ia kantongi dalam ajang pemilihan Putra Putri tari NTt 2021 ini.  Generasi milenial harus mampu melestarikan budaya NTT dengan mempraktekannya melalui ajang seperti ini. Juga mampu meningkatkan wawasan dan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam seni tari. +++ marthen/citra-news.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *