Iklan Baris :
Ingin Pasang Iklan, Klik disini - Ingin Koreksi, Klik Teks ini

Ayo DUKUNG Kain TENUN Sumba LOLOS ke UNESCO

CitraNews

“Tenun ikat Sumba dalam pengajuannya ke UNESCO harus digabungkan dengan kain tenun se-Indonesia.
Sehingga judulnya Kain Tenun Indonesia yang akan diajukan ke UNESCO untuk didaftarkan. Kan ada juga Tempe, Reog Ponorogo, Budaya Sehat Jamu, Ulos, Kain Tenun Sumba Timur dan Kolintang,” bebernya.

Tempe, Reog Ponorogo dan Budaya sehat jamu, lanjut dia, sebagai nominasi tunggal, Tenun Ikat Sumba Timur dan Ulos diusulkan sebagai Tenun Indonesia dan Kolintang diusulkan sebagai nominasi multinasional dengan negara lain.

“Proses itu untuk Tenun ikat Sumba sudah final. Jadi secara nasional kita sudah lolos. Nah nominasi inilah yang akan dimasukan ke UNESCO, “tuturnya.

Baca Juga :  Disini SENANG Disana SENANG Bersama QRIS Bank NTT

Ketua Dekranasda NTT ini mengatakan, pengajuan tenun ikat Sumba ke UNESCO, memiliki banyak dampak yang luar biasa. Yaitu melindungi kekayaan intelektual kain tenun yang dimiliki oleh daerah penghasil dari pemalsuan dan penggunaan tanpa ijin dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Dampak lainnya, sebut Istri Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat ini, akan mendorong pelestarian kebudayaan dan industri kreatif wilayah penghasil yang bermuara pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Baca Juga :  NASABAH Bank NTT Raih Hadiah PERTAMA Rp 100 Juta Tabungan SIMPEDA

Lebih dari itu, memperkuat diplomasi perlindungan kekayaan intelektual di dunia internasional melalui world intellectual property organization dan trade intellectual property rights aggremet di WTO. Serta meningkatkan kebanggaan masyarakat penghasil tenun akan warisan kebudayaan.

“Hal itu akan meningkatkan apresiasi dari pemangku kepentingan, masyarakat umum dan konsumen akan tenun ikat sebagai warisan budaya secara turun temurun,”ungkapnya.

Mohon Dukungan Masyarakat NTT

Baca Juga :  MERAJUT Diplomasi POLITIK Kesejahteraan NTT Ala Bunda JULIE Laiskodat

Patut diberi apresiasi akan perjuangan bunda Julie -sapaan akrab Julie Sutrisno Laiskodat. Dia begitu konsen mendukung serta menjaga kekayaaan intelektual milik dari masyarakat NTT ini tidak disabotase pihak lain. Jiwa patriotnya terus bergelora hingga menggelorakan dukungannya itu melalui platform digital.

Salah satunya adalah Twibbon, sebagai media untuk promosi, pamflet, banner, dukungan, dan sebagainya. Twibbon merupakan bentuk frame atau border yang didesain dan diedit sedemikian rupa sehingga terlihat menarik dan bagus.